Pantai Kuta Bali
Posted By supermin
Tags:
Backpacker ke Bali? Pastikan Kamu Baca Tips Berikut!

Jika ditanya, mana lokasi di Indonesia yang paling popular bagi wisatawan, baik wisatawan dalam negeri mau pun mancanegara, mungkin kebanyakan akan menjadi Bali. Memang, Bali memiliki magnet bagi turis dalam dan luar negeri berkat pesona alamnya yang memukau. Nggak heran, banyak orang rela mengeluarkan uang untuk bisa berkunjung ke Bali. Meski ada beberapa orang yang sering datang ke Bali, nggak ada salahnya untuk datang lagi ke Bali, namun dengan cara yang berbeda, yaitu backpacker ke Bali.

✓ Tips Backpackeran ke Bali

Backpacker ke Bali nggak harus menyiapkan biaya yang besar, karena ada beberapa tips dan trik yang mesti sobat backpackeran ketahui agar bisa keliling Pulau Dewata tanpa bikin kantong kering alias kanker. Apa saja persiapannya? Yuk, langsung disimak berikut ini.

1. Biaya penginapan di Bali

Penginapan Murah di Bali

Untuk yang mau backpacker ke Bali, ada beberapa penginapan atau hostel yang bisa ditempati hanya dengan membayar Rp 100 ribu per malamnya. Jika nggak mau menginap di hostel, sobat backpackeran bisa menginap di hotel yang memiliki biaya murah. Untuk menginap di hotel, siapkan biaya sebesar Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu.

2. Makanan di Bali

Makanan di Bali memang agak mahal untuk ukuran orang yang tinggal di daerah-daerah. Mungkin karena pakai standar orang bule, maka harga makanan di Bali mengikuti harga makan orang bule di negara asalnya. Untuk sekali makan, paling nggak sobat backpackeran harus mempersiapkan uang Rp 60 ribu. Namun nggak semua tempat seperti itu. Backpacker ke Bali bisa jadi lebih murah saat berkunjung ke beberapa titik yang terdapat warung kecil. Warung kecil itu biasanya menyediakan menu berupa nasi bungkus seperti nasi campur, yang harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 6 ribu saja.

3. Memilih alat transportasi

Jika ingin ke Bali dari Jakarta, sebaiknya sobat backpackeran hindari menggunakan mobil, karena cara itu sangat nggak efisien. Belakangan ini, biaya tiket pesawat justru lebih murah jika dibandingkan dengan biaya bensin mobil untuk bisa ke Bali. Nggak jarang, sobat backpackeran bisa mendapatk tiket pesawat seharga Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu untuk tiket pulang pergi Jakarta-Bali. Lain soal jika sobat backpackeran berdomisili di Surabaya atau Banyuwangi, maka sobat bisa memakai mobil untuk ke Bali. Dengan menggunakan mobil pribadi, biaya untuk menyewa mobil bisa dipangkas.

4. Jangan pergi saat weekend atau high season

Biaya Backpacker ke Bali

Satu hal paling mendasar jika ingin backpacker ke Bali adalah jangan ke sana saat weekend atau high season seperti misalnya saat liburan sekolah atau liburan Natal dan Tahun Baru. Pada saat-saat itu, harga penginapan bisa melambung tinggi, dan malah ‘mencekik’ isi dompet sobat backpackeran. Sebaiknya, pilih hari biasa alias weekdays jika ingin backpacker ke Bali. Sobat backpackeran bisa pilih untuk mengambil cuti selama beberapa hari.

5. Jangan lupa bawa KTP, kartu kredit dan ATM

KTP bisa jadi benda yang penting saat backpacker ke Bali, karena digunakan pada saat check-in di bandara dan juga pada saat menyeberangi Pelabuhan Gilimanuk jika sobat backpackeran memilih untuk menggunakan mobil pribadi. ATM dan kartu kredit juga harus dibawa, namun bukan untuk langsung digunakan, melainkan hanya untuk keperluan atau kebutuhan mendesak. Ingat, sobat sedang backpacker ke Bali, jadi sebisa mungkin biaya pengeluaran harus dihemat.

✓ Wisata di Bali yang Jarang Di Kunjungi Wisatawan

Bali memang identik dengan pantai Kuta. Meski demikian, Bali nggak melulu pantai Kuta atau pantai lainnya. Banyak spot yang bisa sobat backpackeran kunjungi selama berada di Bali, dan beberapa di antaranya bahkan bisa sobat kunjungi dengan gratis. Di mana saja? Berikut beberapa tempatnya.

1. Ladang Bunga Gemitir di Desa Temukus

Bunga Gemitir, Desa Temukus Bali

Jika sobat backpackeran sudah bosan dengan suasana pantai, bisa mencoba datang ke Desa Temukus ini. Desa Temukus bisa dibilang sebagai salah satu desa di Bali Timur yang memiliki suasana tenang. Para penduduknya pun rajin menanam bunga di sana, jadi kebun bunga adalah pemandangan yang biasa di desa ini. Desa ini didominasi oleh kebun bunga gemitir, atau marigold, yang berwarna jingga. Jadi, sepanjang mata memandang, sobat backpacker akan melihat pemandangan kebun bunga berwarna jingga yang menyejukkan dan menyegarkan.

2. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur Bali

Di Pura ini sobat backpacker bisa menikmati pemandangan sunset alias matahari terbenam, yang menurut kebanyakan orang adalah paling indah. Untuk bisa menikmati sunset itu, sobat backpacker harus sedikit berusaha, yaitu menaiki ratusan anak tangga, karena pura ini terletak di puncak tertinggi Gunung Lempuyang. Kelelahan setelah menaiki ratusan anak tangga itu akan hilang seketika saat mencapai puncaknya. Pasalnya, di sana sobat backpackeran akan merasa seperti di atas awan. Pemandangan yang dilihat pun sulit digambarkan dengan kata-kata. Sayang rasanya jika backpacker ke Bali namun melewatkan spot yang satu ini.

3. Desa Pinggan

Desa Pinggan Bali

Desa Pinggan merupakan desa terpencil yang ada di Bali. Meski demikian, bukan berarti desa ini nggak memiliki daya tarik. Daya tarik dari desa ini adalah sobat backpacker bisa melihat pemandangan Gunung Batur yang eksotis. Dilihat dari Desa Pinggan, Gunung Batur itu terlihat anggun dan elok. Spot ini juga merupakan spot terbaik untuk menikmati suasana matahari terbit (sunrise) sekaligus matahari terbenam (sunset). Bahkan, saat hari sudah malam pun, pesona dari desa ini tetap terlihat. Siapa bilang desa terpencil nggak punya pesona yang membuat kita terpukau?

4. Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk Bali

Campuhan Ridge Walk adalah sebuah jalur pendek yang melewati persawahan dan gubuk-gubuk tradisional. Spot ini cocok untuk dijadikan latar selfie para sobat backpacker. Ada juga yang bilang tempat ini cukup romantis jika dikunjungi bersama dengan pasangan. Jika ingin mengunjungi tempat ini, maka sobat backpackeran sebaiknya datang pada pagi hari sebelum matahari terbit, karena jika matahari sudah naik, panasnya sangat terik, dan bisa jadi membuat kulit sobat backpackeran jadi gosong.

5. Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang Bali

Selain Pantai Kuta dan Sanur, Bali punya pantai lain yang nggak kalah eksotis, yaitu Pantai Nyang Nyang. Pantai ini dikelilingi oleh tebing tinggi yang tertutup tumbuhan hijau. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang indah memanjakan mata. Daya tarik lain yang dimiliki pantai ini adalah adanya puing-puing kapal yang berada di antara pasir putihnya. Puing-puing ini bisa menjadi spot foto yang membuat akun Instagram sobat backpacker jadi makin kece. Jika sobat ingin merasakan bagaimana rasanya memiliki pantai pribadi, maka wajib untuk mengunjungi pantai ini. Enaknya, pantai ini bisa didatangi tanpa sobat backpacker perlu mengeluarkan uang sepeser pun, alias gratis!

Bali nggak hanya menawarkan pantai saja, ada banyak spot yang bisa sobat backpacker kunjungi di Bali, seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga setelah tahu beberapa spot di atas, sobat jadi makin semangat untuk backpacker ke Bali.

Leave a comment