Backpacker ke Bandung
Posted By supermin
Tags:
Mau Backpacker ke Bandung dari Jakarta? Kamu Wajib Baca Ini!

Jakarta memang memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Namun, jika sobat backpackeran sudah merasa bosan dengan tempat wisata Jakarta yang itu-itu saja, maka sobat bisa mencoba untuk backpacker ke Bandung. Kenapa ke Bandung? Jawabannya tentu saja karena jaraknya yang nggak terlalu jauh dari Jakarta, sehingga biaya teransportasi bisa ditekan.

✓ Tips Backpacker ke Bandung

Lalu, bagaimana cara agar bisa backpacker ke Bandung tanpa mengeluarkan biaya yang berlebihan tapi tetap seru? Sobat backpackeran bisa simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Gunakan transportasi darat

Kereta Api Jakarta Bandung

Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, mungkin lebih memilih untuk naik mobil dari Jakarta ke Bandung. Namun, ada transportasi yang lebih terjangkau, yaitu dengan menaiki kereta. Selain lebih terjangkau, naik kereta juga bisa membuat sobat backpackeran terhindar dari kelelahan karena membawa mobil sendiri. Untuk harga tiket kereta Jakarta-Bandung kelas ekonomi adalah sekitar Rp 110 ribu sampai Rp 150 ribu. Cukup murah kan? Jadi, jika ingin backpacker ke Bandung, maka kereta adalah pilihan transportasi yang tepat.

2. Membuat itinerary

Agar lebih efektif, sobat backpackeran bisa membuat itinerary ke Bandung. Itinerary tersebut meliputi jadwal keberangkatan, lokasi wisata yang ingin dikunjungi, hingga rincian biaya untuk makan dan penginapan. Dengan memakai itinerary ini, backpacker ke Bandung jadi bisa lebih terarah, dan biaya bisa ditekan jadi seminimal mungkin.

3. Memilih penginapan dekat lokasi wisata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sobat backpackeran harus menentukan lokasi wisata yang akan dikunjungi saat backpacker ke Bandung. Setelah menentukan lokasi wisata yang mau dituju, maka sobat backpackeran bisa memilih penginapan yang dekat dengan lokasi wisata tersebut. Tujuannya nggak lain adalah untuk bisa menghemat waktu serta biaya transportasi. Karena sekarang zamannya sudah serba online, maka sobat bisa memesan atau booking dulu penginapan yang dekat dengan lokasi wisata yang mau dituju. Biasanya, sobat backpackeran akan mendapatkan diskon khusus saat memesan kamar secara online.

4. Cari tempat wisata murah

Selain memilih penginapan yang murah, sobat backpackeran juga harus mencari tempat wisata yang nggak perlu keluar biaya banyak. Beberapa tempat wisata murah yang bisa sobat backpackeran kunjungi antara lain adalah Museum Geologi Bandung, Maribaya, Dago Pakar, atau Tebing Keraton. Jika sobat suka wisata malam, maka lokasi wisata malam di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Bukit Bintang. Di bukit itu, selain tiket masuknya murah, sobat backpackeran bisa memandangi pemandangan lampu kelap-kelip kota Bandung dari ketinggian pada malam hari, yang tentunya bakal indah bagaikan kunang-kunang.

4. Makan di kaki lima dan belanja murah

Jika sobat backpackeran memang ingin backpacker ke Bandung, mungkin sudah tahu bahwa sobat harus menghindari makan di restoran atau kafe. Agar biaya makan lebih murah, sebaiknya sobat backpackeran makan di warung kaki lima saja. Di warung kaki lima itu, sobat backapackeran bisa mencicipi beberapa makanan khas Bandung seperti cilok atau batagor. Di mana sobat backpackeran bisa mencari para pedagang kaki lima yang menjual kuliner murah? Jawabannya adalah di sekitar Gedung Sate. Di sana banyak pedagang yang menjual beraneka ragam kuliner Bandung. Jangan lupa ke sana ya.

Untuk belanja murah, seperti belanja untuk kebutuhan sendiri atau oleh-oleh, juga bisa sobat backpackeran lakukan. Mau beli baju baru dengan harga murah? Datang saja ke factory outlet. Bandung memang terkenal dengan beberapa factory outlet-nya yang memberikan harga murah. Bahkan terkadang factory outlet itu juga memberikan diskon untuk produk-produknya. Siapa tahu sobat backpackeran beruntung bisa dapat harga lebih murah lagi. Untuk oleh-oleh, sobat bisa berkunjung ke toko-toko yang ada di Cibaduyut atau Cihampelas.

✓ Daftar Wisata di Bandung Terpopuler

Sudahkah sobat mempersiapkan segalanya? Jika sudah, maka berikut ini adalah beberapa lokasi wisata di Bandung yang bisa dikunjungi ketika backpacker ke Bandung. Jangan sampai kelewatan ya biar nggak menyesal.

1. Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung

Tempat ini sudah menjadi lokasi yang wajib dikunjungi ketika wisata ke Bandung. Dilihat daru atas, alun-alun ini tampak hijau dan bersih karena memakai rumput sintetis. Selain itu, tersedia pula berbagai macam fasilitas seperti Wi-Fi, perpustakaan, hingga arena bermain untuk anak. Nggak heran, tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Nggak cuma siang hari, suasana Alun-alun Bandung pada malam hari juga nggak kalah menarik. Sobat backpackeran bisa menenangkan diri di sini karena suasananya yang tenang. Intinya, jangan lupa mampir ke Alun-alun Bandung jika sedang ke Bandung.

2. Hotel kapsul

Hotel Kapsul Bandung

Bukan cuma lokasi wisatanya saja, Bandung juga menyediakan penginapan yang cukup unik, yaitu hotel kapsul. Hotel kapsul adalah hotel yang menyiapkan ruangan yang hanya cukup untuk satu orang. Awalnya, konsep hotel kapsul ini cuma ada di Jepang, namun kini nggak perlu jauh-jauh untuk bisa merasakan menginap di hotel kapsul. Kelebihan dari hotel kapsul ini bagi sobat backpackeran adalah harganya yang lebih murah dibandingkan hotel biasa. Beberapa hotel kapsul di Bandung yang bisa sobat backpackeran singgahi antara lain adalah Socialite di kawasan Dago, Buton Lodge di kawasan Kb. Pisang, sampai Pondok E7 di Lengkong.

3. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya Bandung

Bagi sobat backpackeran yang gemar beraktifitas di tengah alam, maka wajib mengunjungi The Lodge Maribaya. Di sini, sobat backpackeran bisa mencoba berbagai wahana seru sepert, flying fox, naik sepeda gantung, sampai menaiki ayunan dengan ketinggian yang cukup ekstrem. Sambil mencoba wahana-wahana tersebut, sobat backpackeran juga bisa cuci mata, karena pemandangan di The Lodge Maribaya cukup indah. Pasalnya, The Lodge Maribaya ini dikelilingi oleh suasana hutan, jadi mata sobat backpackeran tetap sejuk ke mana pun mata memandang. Alamat dari The Lodge ini adalah Jalan Maribaya Timur No. 149/252, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Backpacker ke Bandung terasa kurang jika belum mengunjungi Kawah Putih. Kawah yang terletak di puncak gunung Patuha, Ciwidey ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, dan bisa membuat sobat backpackeran merasa di luar negeri. Air danau yang berada di kawah ini diceritakan bisa berubah warna, seperti biru kehijauan saat cuaca sedang terik, sampai berubah jadi putih saat cuaca sedang berkabut. Meski demikian, pemandangan dari Kawah Putih ini tetap memukau.

5. Upside Down World

Upside Down World Bandung

Jika sudah puas berwisata alam, maka sobat backpackeran bisa wisata indoor saat backpacker ke Bandung, yaitu dengan mengunjungi Upside Down World. Upside Down World yang berlokasi di Dipati Ukur, Coblong, Bandung ini akan membuat sobat backpackeran serasa di dunia lain, karena apa yang biasa sobat lihat nggak akan berlaku di sini. Seperti namanya, di sini sobat akan melihat ruangan yang serba terbalik. Jadi sobat akan berada di bawah, dan perabotannya berada di atas, atau sebaliknya. Tempat ini cocok bagi sobat backpackeran yang gemar selfie.

Mau wisata seru ke Bandung tanpa mahal? Pastikan kamu mengikuti beberapa tips di atas, dan pastikan liburanmu ke Bandung akan tetap seru!