Backpacker ke Belitung
Posted By supermin
Tags:
Berlibur Ala Backpacker ke Belitung, Dana Terbatas Bukan Masalah!

Karena letaknya yang nggak jauh dari Jakarta, Belitung bisa jadi pilihan untuk destinasi liburan. Selain letaknya, Belitung juga lebih unggul dibandingkan dengan Bali atau Lombok karena suasananya yang relatif lebih tenang karena memang masih belum banyak wisatawan yang berlibur ke sini. Jika dana sobat terbilang minim, jangan khawatir, karena sobat masih bisa liburan dengan cara backpacker ke Belitung.

✓ Tips Backpacker ke Belitung

Dana yang minim memang bikin sobat backpackeran untuk berpikir ulang ratusan kali untuk bisa backpacker ke Belitung. Namun jangan khawatir, meskipun dana sobat backpackeran minim, sobat backpackeran tetap bisa berlibur ke sana. Caranya adalah dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Menentukan jadwal berangkat terbaik dan pesan tiket jauh-jauh hari

Jadwal berangkat ini seharusnya sudah sobat backpackeran siapkan dalam itinerary ke Belitung. Maksud dari jadwal berangkat ini adalah kapan musim yang tepat. Musim yang terbaik untuk berangkat ke Belitung adalah pada saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan April sampai Agustus. Pada musim kemarau, sobat backpackeran bisa menikmati pemandangan Belitung secara maksimal, tanpa gangguan mendung atau hujan. Selain itu, kondisi lautnya juga cenderung lebih tenang.

Tiket Pesawat Murah ke Belitung

Setelah menentukan jadwal keberangkatan, sobat backpackeran sebaiknya memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Selain biasanya harga tiketnya lebih murah, memesan tiket pesawat jauh-jauh hari bisa menghindari risiko kehabisan tiket.

2. Berangkat dari Jakarta

Untuk mendapatkan tiket pesawat lebih murah, sebaiknya sobat backpackeran berangkat dari Jakarta. Harga tiket dari Jakarta-Belitung ini tergolong paling murah dibandingkan dari kota lain, yaitu hanya Rp 367 ribu saja. Lalu, bagaimana jika sobat backpackeran nggak berdomisili di Jakarta? Caranya adalah berangkat ke Jakarta dulu menggunakan kereta kelas ekonomi, setelah itu lanjut ke Belitung pakai pesawat.

3. Mencari penginapan murah di Belitung

Belitung bisa dikatakan sebagai tempat yang cocok untuk backpacker. Pasalnya, penginapan di Belitung masih lebih murah dibandingkan penginapan di Bali atau Lombok. Sobat backpackeran bisa memesan penginapan lebih dulu di situs booking hotel yang sudah banyak tersedia. Usahakan booking hotelnya jauh-jauh hari, sama seperti memesan tiket pesawat. Agar lebih murah, sobat backpackeran bisa memesan hotel yang letaknya di Tanjung Pandan, yang tarifnya hanya Rp 120 ribu per malam.

4. Nyalakan GPS di smartphone

Karena sobat hanya backpacker ke Belitung, maka sudah pasti nggak ada tour guide yang akan memandu sobat backpackeran. Karena itu, sobat backpackeran harus siap untuk berpetualang sendirian di Belitung dengan mengandalkan GPS di smartphone sobat. Jalan-jalan di Belitung juga cukup membingungkan, ditambah lagi minim marka jalan. Untungnya, hanya dengan mengandalkan teknologi saja, yaitu GPS, sudah bisa mengantarkan sobat backpackeran ke mana pun yang diinginkan, asalkan sobat backpackeran tahu cara menggunakannya

5. Berburu kuliner khas Belitung

Mie Belitung Atep

Saat backpacker ke Belitung, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya, yaitu Mie Belitung. Mie Belitung adalah mie kuning dengan siraman kuah udang dan diberi bakwan udang, ditambah dengan topping lainnya seperti irisan timun kentang rebus, udang rebus, emping sampai taoge. Salah satu tempat terbaik untuk bisa menikmati Mie Belitung ini adalah Mie Belitung Atep, yang berada di Kota Tanjung Pandan.

6. Pergi ke berbagai destinasi wisata populer

Sobat backpackeran akan dianggap belum backpacker ke Belitung jika belum mengunjungi lokasi syuting film Laskar Pelangi, mulai dari Pantai Tanjung Tinggi, sampai ke Desa Selingsing, Kec. Gantung, Belitung Timur, untuk melihat replika SDN Muhamaddiyah Gantong. Jika sobat backpackeran mau, sobat juga bisa melihat-lihat rumah kediaman Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Belitung. Rumah Ahok di Belitung ini sendiri berada di Jalan KA Bujang No 22, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

✓ Wisata Populer di Belitung

Bicara soal lokasi wisata populer di Belitung, berikut ada beberapa lokasi terindah bisa sobat backpackeran kunjungi ketika backpacker ke Belitung. Kunjungi semua lokasi wisata di Belitung ini ya biar nggak ada penyesalan nantinya.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk ini memiliki pesona yang lengkap. Pasir putih, lautan biru, udara sejuk, batuan granit raksasa yang berjejer rapi di dekat pantai, dan pemandangan matahari terbenam yang indah pada sore hari. Kurang apa lagi? Dijamin, sobat backpackeran akan dibuat mabuk kepayang ketika sobat liburan ke Pantai Tanjung Kelayang ini.

2. Pulau Lengkuas

Pantai Lengkuas Belitung

Bukan, Pulau Lengkuas bukan berarti pulau ini banyak tumbuhan lengkuasnya. Yang jadi ikon dari Pulau Lengkuas ini adalah mercusuarnya. Kabarnya, mercusuar tua ini dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah Kolonial Belanda. Sobat backpackeran bisa masuk dan naik ke puncak mercusuar itu. Siapkan stamina ya, karena aka nada ratusan anak tangga untuk bisa mencapai puncaknya. Di puncaknya, sobat backpackeran bisa melihat pemandangan lautan biru dan batuan granit yang mengelilinginya. Kegiatan lain yang bisa sobat backpackeran lakukan adalah berenang, diving, berfoto selfie, atau mencicipi kelapa muda yang dijual oleh pedagang di Pulau Lengkuas ini.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Seperti disebutkan sebelumnya, Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Ketenaran dari pantai yang berlokasi di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini pun meningkat dan banyak dikunjungi wisatawan sejak dipilih sebagai lokasi film tersebut. Pesona yang dimiliki pantai ini sudah pasti pemandangannya yang indah, dan ombaknya yang cukup tenang. Karena itu, sobat backpackeran bisa bebas berenang di pantai ini.

4. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar Belitung

Belitung memang penuh dengan batuan granit yang tersebar di semua gugusan. Selain yang ada di Pantai Tanjung Kelayang dan Pulau Lengkuas, batuan granit juga ada di Pulau Batu Berlayar ini. Alasan pulau ini dinamakan demikian adalah saat sedang pasang, batuannya terlihat seperti sedang berada di atas laut dan berlayar.

5. Pulau Leebong

Pulau Leebong Belitung

Pulau ini mungkin memang belum seterkenal Pulau Lengkuas, namun keindahan alamnya nggak boleh diremehkan. Di sini, sobat backpackeran bisa melihat pemandangan pantai yang memukau, seperti pasir putih, lautan biru dan ombak yang menderu sampai bibir pantai. Di pulau ini disediakan pula rumah kecil seperti gazebo yang bisa sobat gunakan untuk menikmati pemandangan pantainya sekalgus berfoto ria.

6. SD Laskar Pelangi

SD Muhammadiyah Gantong Laskar Pelangi

Yang nggak boleh ketinggalan saat backpacker ke Belitung adalah mengunjungi replika SD Muhammadiyah dari film Laskar Pelangi. Replika SD yang ada di film tersebut terletak di Desa Selingsing, Kabupaten Belitung Timur, tepat di seberang Dermaga Kirana. Bagi sobat backpackeran yang merupakan penggemar film Laskar Pelangi, jangan lup untuk mampir ke SD ini ya.

Belitung memang menghadirkan pemandangan alam yang nggak kalah indah dari Bali atau Lombok. Jika sobat backpackeran sudah sering ke Bali atau Lombok, nggak ada salahnya untuk muilai mengeksplorasi Belitung.