Backpacker ke Derawan
Posted By supermin
Tags:
√ 5 Tips Penting Saat Backpacker ke Derawan

Mungkin ada beberapa di antara sobat backpackeran yang menyebut Kepulauan Derawan dengan sebutan Pulau Derawan. Secara geografis, Pulau Derawan itu adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan. Cukup membingungkan memang. Namun, satu hal yang nggak bisa dipungkiri adalah pesona alam yang ditawarkan oleh Kepulauan Derawan mampu memnghipnotis siapa pun yang datang ke sana. Saking indahnya pemandangan di kepulauan ini, banyak traveler yang rela untuk backpacker ke Kepulauan Derawan demi bisa melihat langsung pesona baharinya.

✓ Tips Backpacker Ke Derawan

Kepulauan Derawan sendiri berada di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau. Untuk bisa backpacker ke Kepulauan Derawan, berikut beberapa panduan yang bisa sobat backpackeran gunakan.

1. Cara ke Kepulauan Derawan

Untuk bisa menuju ke Kepulauan Derawan, ada dua cara, yaitu lewat darat atau udara. Jalan darat terbilang lebih murah, namun hanya berlaku bagi sobat backpackeran yang berdomisili di Kalimantan. Transportasi yang digunakan adalah bus dari Banjarmasin ke Samarinda dengan biaya sekitar Rp 150 ribu, lalu lanjut ke Tanjung Redeb menggunakan mobil travel dengan biaya sekitar Rp 300 ribu. Setelah itu, sobat backpackeran masih harus memakai mobil travel lagi ke Tanjung Batu dengan biaya Rp Rp 100 ribu, dan terakhir untuk menuju Kepulauan Derawan menggunakan speedboat dengan biaya Rp 100 ribu.

Jalan-Jalan ke Pulau Derawan

Sementara untuk jalur udara, sobat backpackeran harus naik pesawat menuju Balikpapan. Dari Balikpapan, sobat backpacker bisa ke Kepulauan Derawan lewat Berau. Alasannya adalah dari Berau banyak terdapat mobil travel menuju Tanjung Batu, sehingga cocok buat sobat yang merupakan solo backpacker. Atau jika ingin menggunakan pesawat, bisa lewat Tarakan karena banyak pilihan penerbangan yang bisa sobat backpackeran pilih.

2. Memilih waktu keberangkatan

Seperti halnya ketika ingin travel ke suatu tempat, untuk backpacker ke Derawan ini juga sebaiknya hindari peak season, dimana harga tiket pesawat dan penginapan berubah jadi lebih mahal. Pililah low season, karena bukan cuma harga tiket pesawat dan penginapan jadi lebih murah, namun sobat backpackeran juga bisa lebih leluasa mengeksplor Kepulauan Derawan karena jumlah wisatawannya nggak sebanyak peak season.

3. Memilih penginapan murah

Untuk penginapan di Kepulauan Derawan, sobat backpackeran bisa memilih untuk menginap di Pulau Derawan, tepatnya di Penginapan Ilham, yang memiliki tarif hanya Rp 100 ribu per malamnya. Sobat backpackeran juga bisa homestay di rumah warga dengan biaya Rp 250 ribu. Bila ingin backpacker ke Derawan secara maksimal, sebaiknya pilih penginapan yang paling murah.

4. Menentukan lokasi wisata

Di Kepulauan Derawan ini, sobat backpackeran bisa melihat sendiri keindahan wisata airnya, karena memang itu yang jadi atraksi utamanya. Beberapa tempat yang bisa sobat backpackeran kunjungi antara lain adalah Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Derawan itu sendiri. Di pulau-pulau tersebut, sobat backpackeran bisa melakukan berbagai aktifitas seperti berjemur, berenang, diving, snorkeling, atau melihat penyu.

5. Siapkan berbagai macam perbekalan

Jika sobat backpackeran mau ke Kepulauan Derawan, sebaiknya membawa alat snorkeling sendiri. Selain itu, sama seperti saat di Raja Ampat, sebaiknya sebelum berangkat ke Kepulauan Derawan sobat backpackeran menyiapkan uang tunai alias cash, karena di Kepulauan Derawan sulit ditemukan ATM. Siapkan pula sunblock agar kulit sobat backpackeran nggak terbakar matahari saat berjemur.

✓ Destinasi Wisata di Berau

Nah, jika semua perbekalan sudah siap, lokasi mana saja yang wajib dikunjungi oleh sobat backpackeran saat backpacker ke Kepulauan Derawan? Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Pulau Derawan

Backpacker ke Derawan

Namanya ke Kepulauan Derawan, ya jelas harus ke Pulau Derawan. Pulau Derawan merupakan pulau tama dari Kepulauan Derawan, dan merupakan satu-satunya pulau yang dihuni oleh penduduk. Daya tarik utama dari Pulau Derawan ini adalah pemandangan bawah lautnya yang eksotik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebaiknya sobat backpackeran menyiapkan alat snorkeling atau diving sendiri agar lebih nyaman menggunakannya. Jika beruntung, saat diving sobat backpackeran akan menemukan penyu berukuran besar dan juga hitu tutul.

2. Pulau Maratua

Pulau Maratua Derawan Berau

Selain Pulau Derawan, Pulau Maratua juga harus menjadi tujuan sobat backpackeran selama backpacker ke Kepulauan Derawan. Selain pasir putih dan lautan yang biru jernih, daya tarik dari pulau ini adalah adanya resort yang berada di atas lautan, membuatnya mirip seperti yang ada di Maldives. Menariknya, meski terlihat seperti resort mewah, resort yang ada di Pulau Maratua ini punya tarif yang lumayan terjangkau lho. Pas banget buat sobat backpackeran. Jadi, jika sobat backpackeran ingin merasakan suasana seperti Maldives namun nggak mau jauh-jauh dan ingin lebih murah, maka bisa datang ke Pulau Maratua ini.

3. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban Derawan

Pulau lainnya yang juga populer di kalangan wisatawan adalah Pulau Kakaban. Lagi, pulau ini menawarkan pasir putih, lautannya yang biru dan bersih, serta kehidupan bawah lautnya yang mengagumkan. Namun, ada satu keunggulan dari pulau ini yang nggak dimiliki oleh pulau lainnya, yaitu adanya danau yang berisikan ubur-ubur. Serunya, sobat backpackeran bisa berenang atau snorkeling bersama mereka. Tenang saja, ubur-ubur yang ada di danau ini nggak menyengat kok, jadi aman. Malah sebaliknya, sobat backpacker yang harus hati-hati agar nggak melukai ubur-ubur ini.

4. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki Derawan

Terletak di kawasan terluar Kepulauan Derawan nggak membuat pulau ini kalah pesona dari pulau-pulau lainnya. Sama seperti pulau-pulau yang telah disebutkan di atas, Pulau Sangalaki ini juga memiliki pasir putih bersinar, serta air laut yang biru dan super jernih. Sobat backpackeran dijamin akan betah berlama-lama di pulau ini. Di sini, sobat backpackeran bakal menemukan banyak spot diving, dengan biota lautnya yang bervariasi. Sobat backpackeran akan menemukan banyak ikan pari manta, penyu hijau, bahkan penyu sisik di Pulau Sangalaki ini.

5. Labuan Cermin

Labuan Cermin Berau

Kurang lengkap rasanya jika ke Kepulauan Derawan tapi belum ke Labuan Cermin. Labuan Cermin yang terletak di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau ini memiliki danau yang sangat bening dan jernih. Saking beningnya, perahu-perahu yang ada di danau ini terlihat seperti melayang. Selain berfoto di atas danau yang jernih, sobat backpackeran juga bisa snorkeling dan diving di sini. Tempat ini cocok untuk menjadikan akun Instagram sobat backpackeran jadi lebih kece.

6. Gua Mulut Besar

Goa Mulut Besar Berau

Nggak cuma punya pantai dan danau yang indah, Kepulauan Derawan juga punya pesona lain, yaitu Gua Mulut Besar. Gua yang terletak di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay ini memiliki diameter yang sangat besar, yaitu tinggi 10 meter dan lebar 20 meter. Pantas saja gua ini dinamakan dengan Gua Mulut Besar. Di dalam gua ini, sobat backpackeran bisa melihat berbagai jenis batuan alam yang cantik. Namun hati-hati, jangan sampai sobat backpackeran mengusik kelelawar-kelelawar yang mendiami gua ini.

Bagi sobat backpackeran yang mau backpacker ke Derawan, pastikan kamu mengikuti tips-tips dan juga rekomendasi lokasi wisata di atas yah!