Posted By supermin
Tags:
Tanpa Modal Berlebihan, Backpacker ke Eropa Bukan Lagi Impian

Benua Eropa memiliki banyak negara yang bisa dikunjungi. Tiap negara menawarkan destinasi wisatanya masing-masing, yang bisa menarik turis mancanegara, termasuk dari Indonesia. Siapa yang nggak mau bisa berlibur romantic ke Paris, Prancis, bersama pasangan? Sayangnya, masalah biaya menjadi kendala utama untuk bisa berlibur ke Eropa. Namun, kini sobat backpackeran punya alternatif, yaitu dengan cara backpacker ke Eropa.

Namanya backpacker, jelas sobat backpackeran nggak usah berharap untuk bisa makan di restoran mahal atau menginap di hotel berbintang lima. Jika ingin backpacker ke Eropa, maka hilangkan semua harapan sobat backpackeran itu. Kasarnya, bagi backpacker, bisa datang ke Eropa saja sudah syukur.

✓ Tips Backpacker ke Eropa

Nah, jika sobat backpackeran ingin jalan-jalan ke Eropa dengan biaya yang relative lebih murah, maka bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Urus Visa Schengen

Visa Schengen Backpacker ke Eropa

Jika ingin backpacker ke Eropa, hal utama yang harus dilakukan adalah mengurus visa area Schengen. Biaya untuk mengurus visa ini adalah 60 Euro, dan jika dirupiahkan akan jadi sekitar Rp 1 jutaan. Dengan mengurus visa ini, maka sobat backpackeran bisa mengunjungi 26 negara di Eropa tanpa perlu mengurus visa untuk masing-masing negara. Ke-26 negara tersebut yaitu Belgia, Denmark, Italia, Yunani, Jerman, Finlandia, Perancis, Austria, Luxemburg, Belanda, Portugal, Norwegia, Spanyol, Swedia, Islandia, Hongaria, Ceko, Swiss, Slowakia, Estonia, Malta, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovenia, dan Liechtenstein.

2. Cari tiket dengan harga murah

Tiket murah bisa jadi penyelamat keuangan sobat backpackeran saat backpacker ke Eropa. Pertama tentukan dulu negara mana yang mau sobat backpackeran kunjungi, lalu setelah itu langsung berburu tiket ke negara yang sudah ditentukan. Meski nggak sering, beberapa maskapai menawarkan promo tiket perjalanan ke Eropa dengan biaya yang lebih murah. Jika harga tiket normal untuk rute Indonesia-Eropa adalah sekitar Rp 16 juta, ada saatnya tiket pesawat ke Eropa bisa didapatkan ‘hanya’ dengan harga Rp 10 juta saja.

3. Cari penginapan murah, kalau bisa cari yang gratis!

Mencari penginapan murah di Eropa bisa dibilang mustahil, namun bukan nggak mungkin. Lewat situs booking hotel, ada beberapa hotel yang bisa didapatkan dengan harga lebih murah. Jika beruntung, sobat backpackeran bisa mendapatkan hotel dengan biaya Rp 750 ribu per malamnya. Bahkan sobat backpackeran bisa saja mendapatkan hostel gratis, yaitu dengan cara menumpang. Coba saja kontak Persatuan Pemuda Indonesia atau PPI, siapa tahu mereka bisa membantu sesama orang Indonesia.

4. Pakai alat transportasi umum

transportasi umum di eropa

Saat liburan ala backpacker ke Eropa, pastikan sobat backpackeran menggunakan alat transportasi umum yang tersedia. Berbeda dengan transportasi di Indonesia, bus dan kereta yang ada di Eropa sangat nyaman dan aman digunakan. Yang harus sobat backpackeran pastikan adalah jadwalnya, jangan sampai ketinggalan bus atau kereta, dan itu bisa membuat itinerary ke Eropa yang sudah dipersiapkan sebelumnya jadi kacau. Alternatif lain, sobat backpackeran bisa meminjam motor teman sobat backpackeran yang merupakan orang local. Tentu saja, kamu harus memiliki SIM internasional. Jika sudah punya, maka sobat backpackeran bisa bebas berkeliling melihat pemandangan sekitar dengan memakai motor.

5. Bawa selalu air mineral

Harga minuman di Eropa bisa jadi sangat mahal jika dibandingkan dengan harga di Indonesia. Jika membeli air minuman di supermarket harganya bisa mencapai Rp 15 ribu. Solusinya, sobat backpackeran bisa minum air keran. Tenang saja, air keran di Eropa itu layak minum, berbeda dengan di Indonesia. Jadi, sebelum bepergian, sebaiknya isi botol minuman sobat backpackeran dengan air keran atau tap water itu, agar nggak kehausan di tengah jalan.

✓ Negara Wisata di Eropa yang Wajib di Kunjungi

Jika sobat backpackeran bingung mau ke kota mana saja untuk backpacker ke Eropa, tenang saja. Berikut ini adalah kota-kota yang ramah kantong jika ingin backpacker ke Eropa.

1. Sevilla, Spanyol

Backpacker ke Plaza de Espana Spanyol Sevilla

Sevilla adalah salah satu kota terbesar di Spanyol, tepatnya adalah kota terbesar keempat di Spanyol. Hanya dengan biaya Rp 400 ribuan, sobat backpackeran sudah bisa hidup di sana, termasuk biaya makan, hotel dan jalan-jalan. Spot yang patut dikunjungi di kota ini adalah Plaza de España, Metropol Parasol, dan Istana San Telmo. Sobat juga bisa menikmati festival Feria de Abril yang diadakan pada bulan April.

2. Porto, Portugal

Backpacker ke Porto City Portugal

Porto merupakan kota terbesar kedua sekaligus salah satu kota tertua di Portugal. Di sini selain berwisata sejarah, sobat backpackeran juga bisa berwisata alam, karena di kota ini menawarkan pemandangan gunung, laut dan sungai yang menyejukkan mata. Pada tahun 1996, Porto dinobatkan oleh UNESCO sebagai pusat sejarah tertua di Eropa. Jika sobat backpackeran piker biaya hidup di sini mahal, maka sobat backpackeran keliru. Untuk bisa hidup di kota ini, sobat hanya butuh uang Rp 267 ribu sehari.

3. Berlin, Jerman

Backpacker ke Reichstag Dome Berlin Jerman

Banyak orang berpikiran bahwa hidup di Berlin, Jerman, nggak murah. Padahal, untuk bisa hidup di kota ini, bagi backpacker, masih terbilang terjangkau. Per harinya, sobat backpackeran hanya membutuhkan biaya sebesar kurang lebih Rp 334 ribu. Jika sobat backpackeran masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, maka sobat bisa mendapatkan potongan harga khusus. Wisata gratis juga ada beberapa di kota ini. Backpacker ke Eropa pun jadi lebih menyenangkan.

4. Talinn, Estonia

Backpacker ke Tallin Town, Estonia

Selain pesona alamnya, kota Talinn di Estonia juga memiliki daya tarik lain, yaitu biaya hidup yang murah. Biaya sekali makan di kota ini adalah Rp 93 ribu, yang tergolong murah jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Eropa. Spot gratis yang bisa sobat backpackeran kunjungi adalah Bukit Toompea. Di sana sobat backpackeran bisa melihat pemandangan kota Talinn dari ketinggian. Selain itu, ada juga tur gratis berkeliling kota Talinn.

5. Praha, Republik Ceko

Backpacker ke Praha Republik Ceko

Backpacker ke Eropa mungkin belum lengkap jika belum ke kota yang satu ini. Memiliki imej sebagai kota mahal, padahal kenyataannya adalah sebaliknya. Biaya hidup di sini terbilang murah jika dibandingkan dengan kota-kota tersohor lainnya. Dalam hal penginapan, sobat backpackeran bisa menginap di hotel dengan biaya Rp 267 ribu per malamnya. Sementara untuk uang makan, sekali makan di kota ini hanya butuh Rp 80 ribu. Tentu saja, kota Praha juga menawarkan beberapa destinasi wisata gratis.

6. Napoli, Italia

Backpacker ke Napoli Italia

Napoli memiliki banyak museum dan bangunan bersejarah sebagai daya tarik utama bagi backpacker ke Eropa. Kerennya lagi, semua bisa sobat backpacker masuki secara gratis. Masalah hotel, meski memang nggak semurah hotel lain di Eropa, sobat backpackeran bisa menginap di hotel dengan biaya sekitar Rp 280 ribu per malamnya. Begitu pula dengan harga makanan dan minumannya yang relative lebih masuk akal dibandingkan dengan kota-kota lain di Italia.

Siap backpacker ke Eropa? Jangan lupa cek paspor dan urus visa Schengen-nya dulu ya.

Leave a comment