Backpacker ke Hongkong
Posted By supermin
Tags:
Yuk Backpacker ke Hongkong, Hollywood-nya Asia Lho!

Seperti Hollywood, yang merupakan industri film Amerika Serikat, perfilman Hongkong juga terbilang maju. Terbukti dengan banyaknya film Hongkong yang dirilis ke pasaran. Beberapa bintang Hongkong yang sudah mendunia antara lain adalah Jackie Chan, Stephen Chow, Chow Yun Fat, atau Bruce Lee. Nggak heran jika Hongkong disebut sebagai Hollywood-nya Asia. Apakah sobat backpackeran ingin bertemu dengan bintang Hongkong favoritnya? Langsung saja backpacker ke Hongkong!

✓ Tips Penting Sebelum Backpacker ke Hongkong

Jika sobat backpackeran memang berminat untuk backpacker ke Hongkong, maka berikut ini adalah tips dan hal-hal penting yang harus sobat backpackeran perhatikan. Jangan sampai sobat backpackeran justru keluar uang lebih banyak ketika jalan-jalan di Hongkong.

1. Rajin cari tiket pesawat murah

Cara Memilih Tiket Pesawat ke Hongkong Murah

Jelas sebagai seorang backpacker, sudah menjadi kewajiban untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Karena itu, rajin-rajinlah mengecek situs maskapai penerbangan untuk melihat promo-promo menarik. Biasanya, harga yang tergolong murah untuk tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Hongkong adalah sekitar Rp 2,2 juta. Jika sobat backpackeran beruntung, sobat bisa mendapatkan tiket yang lebih murah, yaitu sekitar Rp 1,3 juta untuk tiket pulang pergi. Supaya tiketnya murah, sebaiknya jangan memilih pergi saat masa liburan. Pilihlah weekdays untuk liburan ke Hongkong, dengan begitu, harga tiket dan juga penginapan di Hongkong akan lebih murah.

2. Nggak perlu urus visa

Kabar baik bagi sobat backpackeran yang ingin liburan ke Hongkong. Untuk bisa jalan-jalan ke Hongkong, pemerintah Hongkong membebaskan Warga Negara Indonesia atau WNI dari visa. Sebagai gantinya, WNI mendapatkan jatah liburan selama 30 hari. Untungnya, sebagai seorang backpacker, sobat hanya perlu waktu liburan selama 5-7 hari. Lumayan, sobat backpackeran bisa hemat uang ratusan ribu rupiah untuk mengurus visa, dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya selama berada di Hongkong.

3. Cari hotel murah

Jika di Malaysia sobat backpackeran bisa mendapatkan hotel berbintang 3 hanya dengan biaya Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per malamnya, beda halnya dengan di Hongkong. Biaya hidup di Hongkon memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara. Berita baiknya, dengan biaya yang sama, yaitu Rp 300 ribu, sobat backpackeran bisa mendapatkan hostel atau losmen. Yang penting bisa dipakai untuk tempat istirahat kan?

4. Transportasi murah di Hongkong

Mass Transit Railway Hongkong

Selama di Hongkong, sobat backpackeran bisa memakai mode transportasi MTR (Mass Transit Railway). Ingat, MTR ya, bukan MRT seperti di Singapura, jangan sampai salah. Selain MTR, sobat backpackeran bisa juga menggunakan alat transportasi murah lain, yaitu bus. Bus di Hongkong kebanyakan adalah bus tingkat, atau istilahnya adalah double decker. Dengan begini, sobat backpackeran bisa bebas berkunjung ke mana saja yang jadi tujuan sobat, tanpa perlu khawatir soal biaya transportasi.

5. Hati-hati dalam memilih makanan

Seperti yang sobat backpacker tahu, Hongkong adalah negara yang mayoritas penduduknya non Muslim, jadi sobat yang Muslim harus mencermati makanan apa yang akan dibeli, karena makanannya kebanyakan non halal. Jika ingin mencari makanan halal, maka sobat backpackeran bisa menuju ke Center Canteen yang berada di area Masjid Ammar. Makanan yang ada di sana sudah pasti halal, jadi sobat backpackeran nggak perlu khawatir salah memesan makanan non halal.

6. Belanja murah di Hongkong

Hongkong memang bukan tempat yang pas untuk bisa belanja murah. Faktanya, Hongkong merupakan salah satu negara dengan wisata belanja termahal di dunia. Namun jangan salah, karena masih ada beberapa kawasan di Hongkong yang menjual aneka barang dengan harga yang tergolong murah, contohnya adalah Tung Choi Street di Mongkok, Jardine’s Bazaar di Causeway Bay, atau Lee Garden Road.

✓ Daftar Tempat Wisata di Hongkong

Sobat backpacker yang baru pertama kali datang ke Hongkong mungkin bertanya-tanya, tempat wisata mana saja yang menarik untuk dikunjungi. Tenang saja, berikut ini akan diberikan beberapa tempat wisata yang populer dan jadi favorit wisatawan asal Indonesia.

1. The Peak

Sky Terrace 428 - The Peak Hongkong

Sesuai namanya yang berarti puncak, The Peak adalah puncak tertinggi di Hongkong. Di sini sobat backpackeran bisa melihat pemandangan Hongkong dari ketinggian yang penuh dengan gedung pencakar langit. Sebelum naik ke sini, pastikan sobat backpackeran mengenakan baju hangat, karena suhu udara di The Peak sangat dingin.

2. Hongkong Disneyland

Hongkong Disneyland

Jika Indonesia punya Dufan, dan Singapura punya Universal Studio, maka Hongkong punya Disneyland. Disneyland yang terletak di Pulau Lantau ini memiliki sekitar 47 wahana seru yang bisa sobat backpackeran jajal. Semua wahana yang ada di sini berhubungan dengan dunia Disney, mulai dari Snow White Grotto, Sleeping Beauty Castle, Disney on Parade, sampai Toy Story Playland. Keseruan yang sobat backpackeran rasakan saat mencoba wahana yang ada di Disneyland Hongkong ini jelas berbeda dengan sensasi yang ada di Dufan.

3. Madame Tussaud

Madame Tussaud Hongkong

Mungkin sobat backpackeran pernah mendengar nama ini. Madame Tussaud adalah museum yang berisikan patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di dunia. Museum ini paling sedikit memiliki koleksi 100 patung lilin dengan tingkat kemiripan 90 persen. Di sini sobat backpackeran bisa melihat patung lilin David Beckham, bintang K-Pop Suzy, sampai dengan patung lilin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Untuk bisa masuk ke museum unik ini, sobat backpackeran harus membayar tiket masuk sebesar Rp 386 ribu. Untungnya, untuk berfoto dengan patung lilinnya nggak dipungut biaya alias gratis.

4. Ngong Ping 360

Ngong Ping 360 Hongkong

Sobat backpackeran bisa mengelilingi Pulau Lantau dengan menggunakan kereta gantung di sini. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan lantai kacanya, yang memungkinkan sobat backpackeran melihat hamparan laut biru tepat di bawah kaki sobat.  Bagi sobat yang takut ketinggian, disarankan jangan mendatangi tempat ini.

5. Ocean Park Hongkong

Ocean Park Hongkong

Taman bermain ini merupakan taman bermain yang menjadi kebanggaan warga Hongkong. Di sini, sobat backpackeran bisa melihat langsung panda lucu yang datang dari Tiongkok. Ada juga danau buatan yang sering dipakai untuk pertunjukan musikal pada malam hari. Wahana lainnya adalah berupa Sea World, Goldfish Treasures, cable car, dan kereta Ocean Express. Untuk bisa masuk ke taman bermain ini, sobat backpackeran harus membayar tiket masuk seharga Rp 750 ribu untuk dewasa, dan Rp 377 ribu untuk anak-anak.

6. Repulse Bay

Repulse Bay Hongkong

Repulse Bay adalah pantai super cantik yang ada di Hongkong. Keunikan yang dimiliki pantai ini adalah bentuknya yang menyerupai bulan sabit. Tempat ini cocok bagi sobat backpackeran yang bosan dengan suasana perkotaan Hongkong. Pantai dengan pasir putih yang lembut dan pemandangan yang memanjakan mata, serta nuansa romantis saat matahari terbenam di pantai dijamin bisa menghilangkan kepenatan sobat backpackeran. Di sekitar Repulse Bay, sobat backpackeran juga bisa menemukan hotel, kafe, serta supermarket.

7. Macau

Macau Hongkong

Ke Hongkong belum lengkap jika belum ke Macau. Macau sering dijuluki sebagai Las Vegas-nya Asia. Tempat wisata di Macau yang bisa sobat backpackeran kunjungi antara lain adalah The Venetian, dimana sobat bisa merasakan seperti berada di Italia. Atau jika sobat backpackeran bernyali tinggi, bisa mencoba wahana bungee jumping di Macau Tower, yang diklaim sebagai wisata bungee jumping tertinggi di dunia.

Jika sobat backpackeran adalah penggemar film Hongkong, maka wajib untuk bisa liburan ke Hongkong. Siapa tahu sobat backpackeran bisa bertemu artis Hongkong idola sobat, dan juga datang langsung ke lokasi syuting film Hongkong favorit sobat.