Posted By supermin
Tags:
Mau Backpacker ke Jepang? Baca Tipsnya Disini!

Jalan-jalan ke Jepang bisa jadi merupakan salah satu dari impian sobat backpackeran. Memang, Jepang selain merupakan negara yang maju, juga menawarkan sensasi yang nggak bisa ditemui di negara kita sendiri. Namun, banyak orang akhirnya mengurungkan niatnya untuk bisa trip ke Jepang karena masalah biaya yang nggak sedikit. Tenang saja, solusi lain untuk bisa pergi ke Jepang adalah dengan cara backpacker.

Tentunya, agar nggak terjadi hal yang nggak diinginkan selama kamu berada di Jepang, sobat backpackeran harus mempersiapkan segalanya, mulai dari persiapan fisik, dan tentu saja persiapan dana. Backpackeran nggak mau ‘kan lagi enak-enak traveling ke Jepang, mendadak uangnya habis. Yang ada malah jadi nggak bisa pulang.

✓ Tips Backpacker ke Jepang

Berikut ini adalah persiapan yang harus backpackeran siapkan untuk bisa jalan-jalan ke Jepang.

1. Siapkan itinerary ke Jepang

Itinerary ke Jepang

Bagi backpackeran yang belum tahu, itinerary secara kasar bisa didefinisikan sebagai jadwal atau waktu, walau sebenarnya itinerary bukan selalu soal waktu. Pastikan sebelum trip ke Jepang, backpackeran harus mempersiapkan itinerary, seperti misalnya mau berapa lama berada di Jepang, tempat mana saja yang mau dikunjungi, berapa biaya transportasi atau penginapan, hingga sistem pembayarannya, mau tunai atau menggunakan kartu kredit.
Sekadar tips, untuk menghemat biaya penginapan dan biaya makan, backpackeran bisa memilih area pedesaan, karena di pedesaan biaya hidupnya nggak terlalu mahal. Jika mau memakai pass seperti JR Pass, pastikan tempat wisata yang mau backpackeran kunjungi tercover oleh pass tersebut, sehingga bisa hemat biaya transportasi. Selain itu ada beberapa tempat wisata di Jepang yang gratis untuk dikunjungi.

2. Cek transportasi

Transportasi di Jepang

Ada beberapa metode transportasi yang bisa backpackeran pilih selama berada di Jepang. Bisa memakai taksi jika memiliki uang lebih, atau jika ingin hemat, lebih baik gunakan bus atau kereta. Selain mengecek mau pakai transportasi apa, cek juga jadwalnya. Ingat, Jepang adalah negara yang disiplin, jadi bus atau keretanya akan datang sesuai jadwal. Jangan sampai backpackeran ketinggalan bus atau kereta, yang justru akan mengacaukan itinerary yang sebelumnya sudah dibuat.

3. Cek musim di Jepang

Musim di Jepang

Jepang adalah negara dengan 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin, berbeda dengan negara kita yang merupakan negara tropis. Jadi sebaiknya, sebelum pergi ke Jepang, lebih baik kamu pilih mau datang ke Jepang saat musim apa. Setelah tahu mau datang pada saat musim apa, backpackeran bisa siap-siap mau bawa baju apa. Jika mau datang saat musim panas, maka siapkan baju yang tipis dan nggak membuat gerah. Begitu pula jika ingin datang saat musim dingin karena ingin lihat salju, maka backpackeran harus siapkan baju hangat atau baju yang tebal agar nggak kedinginan nantinya. Backpackeran juga disarankan untuk memakai baju berlapis-lapis, lengkap dengan glove atau sarung tangan dan syal, karena suhu dingin di Jepang, terutama di area Hokkaido, nggak main-main.

4. Menentukan budget backpackeran ke Jepang

Budget ke Jepang

Dari itinerary yang telah backpackeran buat, bisa terlihat berapa budget yang harus backpackeran siapkan. Akan lebih mudah jika bakcpackeran memiliki kartu kredit, karena pembayaran jadi bisa dibagi dua, yaitu cash dan kartu kredit. Kartu kredit bisa digunakan untuk pembayaran hotel atau beberapa tempat lainnya yang bisa dibooking terlebih dulu di internet, sementara uang tunai atau cash untuk jaga-jaga, seperti untuk uang makan. Namun, ada baiknya backpackeran cari tahu dulu hotel atau restoran mana saja yang menerima kartu kredit, karena nggak semuanya menerima kartu kredit dan hanya menerima uang tunai. Jepang bukan negara seperti negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura atau Thailand, sehingga biaya backpacker ke Jepang tergolong lebih mahal, namun bukan berarti nggak bisa dihemat.

5. Sewa Wi-Fi di Jepang

Sewa Mobile Wifi di Jepang

Di zaman serba maju seperti sekarang ini, semua sudah menggunakan internet. Karena itu, internet sudah seperti jadi kebutuhan dan penting, apalagi jika bakcpackeran sedang bepergian ke luar negeri, dalam hal ini di Jepang. Akses internet di Jepang terbilang wajib, karena bisa sangat membantu, terutama pada saat ingin reservasi hotel atau bus. Backpackeran nggak memerlukan paket data smartphone karena bisa menyewa Wi-Fi di Jepang. Dengan begitu kamu nggak bakal khawatir untuk kehabisan kuota. Untuk cara menyewanya juga nggak sulit, cukup reservasi secara online dengan menggunakan kartu kredit, dan tentukan pula tempat pengambilannya saat sudah tiba di Jepang. Setelah dapat bukti pemesanan via e-mail, print bukti tersebut, dan tunjukkan di tempat pengambilan yang sudah dipilih tadi. Pocket Wi-Fi yang sudah disewa tersebut harus dikembalikan saat ingin pulang ke Indonesia.

6. Packing

Packing ke Jepang

Semua sudah direncanakan, saatnya packing-packing. Di sini backpackeran harus memilih, mau pakai koper atau tas gendong alias backpack. Jika ingin memakai backpack, tentu saja barang yang dibawa harus minim agar nggak merepotkan. Namun jika ingin berkunjung ke kota-kota besar, sebaiknya membawa koper karena bisa membawa barang lebih banyak. Semua tergantung tujuan wisata kamu saat di Jepang.

✓ Tempat Wisata di Jepang

Persiapan sudah selesai, maka backpackeran bisa tentukan tujuan wisata saat berada di Jepang. Agar menghemat biaya, berikut adalah beberapa tempat di Tokyo yang bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan uang alias gratis.

1. Meguro Parasitological Museum

Meguro Parasitological - Backpacker ke Jepang

Sesuai namanya, museum ini menyediakan berbagai macam parasit yang ada di dalam tubuh hewan dan manusia. Di sini kamu bakal melihat sekitar 60 jenis parasit. Jika backpackeran bukan merupakan orang yang tahan mental, sebaiknya jangan kunjungi museum ini. Namun jika berani, nggak ada salahnya untuk datang ke sini, karena selain menambah pengetahuan, untuk masuk ke sini nggak dikenakan biaya masuk.

2. Odaiba

Odaiba - Backpacker ke Jepang

Banyak spot gratis yang bisa backpackeran kunjungi saat di Odaiba. Mulai dari Tokyo Big Sight, Ariake Nishi Port Park, Aquacity Odaiba, sampai replika Patung Liberty yang bisa jadi spot selfie backpackeran. Jika backpackeran adalah penggemar anime, maka bisa juga berfoto di depan Unicorn Gundam berukuran raksasa.

3. Islam Town

Islam Town - Backpacker ke Jepang

Buat backpackeran yang beragam Islam, wajib banget nih datang ke Islam Town. Di sini, backpackeran bisa beli produk makanan halal, dan juga merasakan nuansa Islam di Jepang, karena di daerah ini merupakan tempat berkumpulnya para Muslim di Tokyo. Lebih enak lagi, datang ke sini nggak butuh biaya masuk alias gratis, kecuali jika backpackeran mau beli makanan atau oleh-oleh.

4. Patung Captain Tsubasa

Patung Captain Tsubasa - Backpacke ke Jepang

Tempat ini cocok buat backpackeran yang suka anime, terutama Captain Tsubasa. Bukan cuma Tsubasa saja, ada juga 7 tokoh lainnya yang juga berasal dari anime Captain Tsubasa seperti Hyuga atau Wakabayashi. Patung-patung ini berada dalam sebuah taman publik, jadi jelas backpackeran nggak perlu uang masuk alias gratis.

5. Yurakucho

Yurakucho - Backpacker ke Jepang

Suka kulineran? Backpackeran wajib datang ke Yurakucho. Di sini banyak tersedia bar dan makanan, dan kamu bisa membeli snack khas Jepang. Namun hati-hati bagi backpackeran yang Muslim, karena kebanyakan makanan di area ini belum tentu halal.

Selamat bepergian ke Jepang ya sobat backpackeran!

Leave a comment