Backpacker ke Jogja
Posted By supermin
Tags:
Backpacker Ke Jogja, Kota dengan Sejuta Kenangan

Yogyakarta, atau sering disebut dengan Jogja, merupakan salah satu kota di Indonesia yang sering menjadi destinasi wisata, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan Jogja memiliki semua yang dicari oleh para traveler, mulai dari wisata alam, sampai ke wisata belanja. Supaya nggak mahal dalam segala hal, sobat backpackeran bisa memilih untuk backpacker ke Jogja. Dijamin, liburan sobat di Jogja bakal mengasyikkan dan nggak bikin kantong bolong.

Meskipun sobat backpacker nggak memilih untuk backpacker ke Jogja, semua yang ada di Jogja tergolong memiliki harga yang bersahabat. Jika sobat lebih memilih untuk backpacker, maka jelas harga yang sudah murah tersebut akan lebih murah lagi.

✓ Tips Backpacker ke Jogja dengan Budget Minim

Jadi, bagaimana untuk bisa backpacker ke Jogja dengan nyaman dan asyik? Berikut ini beberapa tips yang bisa sobat backpackeran simak.

1. Pakai transportasi murah

Transportasi Kereta Jakarta Jogja Travel Jakarta-Jogja memang bisa mahal, tapi bisa juga murah jika sobat backpackeran memiliki metode trnasportasi yang tepat. Metode transportasi yang murah adalah dengan menggunakan kereta kelas ekonomi. Keberangkatan dimulai dari Stasiun Pasar Senen, dan berakhir di Stasiun Yogyakarta. Untuk harga tiketnya, berada di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 220 ribu. Cukup murah bukan? Jika ingin lebih nyaman dan ingin lebih cepat sampai, sobat backpackeran bisa memilih untuk naik pesawat, dengan harga tiket sekitar Rp 350 ribu, asalkan sudah dipesan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan sobat.

2. Penginapan murah

Setibanya di Jogja, sobat backpackeran bisa langsung mencari penginapan murah yang ada di kawasan Malioboro. Malioboro memang dikenal sebagai lokasi yang strategis, dan juga jadi spot wajib bagi para traveler yang backpacker ke Jogja. Menurut salah satu situs booking hotel ternama di Indonesia, jika beruntung sobat backpackeran bisa mendapatkan hotel dengan biaya menginap hanya Rp 200 ribu per malam. Tentu saja, penginapan seharga itu sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan cukup nyaman. Masih ada lagi pilihan lain penginapan murah di Jogja dekat Malioboro untuk backpacker yang bisa dipilih. Jika ingin main aman, sebaiknya lakukan survey dulu di situs-situs booking hotel biar nggak salah pilih.

3. Makanan murah meriah

Mencari penginapan dan makanan murah seperti sudah jadi satu paket. Jika sudah menemukan penginapan yang murah, maka sebisa mungkin sobat backpackeran harus mendapatkan makanan dengan harga yang murah meriah. Bagi sobat backpackeran yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Jogja, tenang saja, karena Jogja nggak pernah kehabisan makanan yang lezat dan murah. Sebut saja nasi kucing yang tersedia di hampir seluruh kawasan Jogja, serta beragam sate lezat yang bisa dibeli dengan harga murah. Hanya dengan Rp 10 ribu, sobat backpackeran sudah bisa makan satu kali, jadi jika sobat makan 3 kali sehari, maka hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 30 ribu.

4. Mengunjungi lokasi wisata yang gratis

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Backpacker ke Jogja bisa lebih efektif dengan mengunjungi beberapa spot wisata gratis, atau paling nggak spot wisata dengan harga tiket ekonomis, yang ada di Jogja. Contohnya antara lain adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Ngobaran, dan Bukit Parang Endog. Refreshing-nya dapat, dompet juga nggak terbebani dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut.

5. Belanja oleh-oleh murah

Ingin belanja oleh-oleh dengan harga yang miring? Sobat backpackeran bisa berkunjung ke Pasar Beringharjo. Di pasar ini, sobat backpackeran bisa membeli baju batik khas Jogja dengan harga yang cukup murah. Yang perlu diingat, sobat backpackeran harus mencari baju batik itu di lantai atas Pasar Beringharjo, karena lantai atas umumnya menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan lantai bawahnya.

✓ Lokasi Wisata Populer di Jogja

Masih belum familiar dengan suasana Jogja? Tenang, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa sobat backpackeran kunjungi saat backpacker ke Jogja. Tempat-tempat ini adalah lokasi wisata yang populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di mana sajakah itu?

1. Malioboro

Jalan Malioboro Jogja

Ya, sudah pasti jika backpacker ke Jogja, kawasan ini jangan sampai terlewat. Di sepanjang jalan Malioboro, sobat backpackeran bisa melihat beragam pedagang, mulai dari kuliner, tas, pakaian, gantungan kunci, hingga barang-barang antik. Semua itu bisa dibeli dengan harga murah. Saat malam tiba, sobat backpackeran akan menemukan banyak warung lesehan untuk makan malam. Terkadang ada pula para musisi jalanan yang akan menghibur sobat saat sedang makan. Intinya, jalan-jalan ke Jogja belum lengkap tanpa berkunjung ke Malioboro.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Jogja

Pantai ini adalah pantai paling terkenal di Jogja. Pantai ini memiliki karakteristik berombak dan berarus kuat, jadi pantai ini nggak cocok, atau bahkan melarang pengunjungnya untuk berenang. Keunikan yang dimiliki pantai ini adalah adanya bukit pasir atau istilahnya gumuk pasir di dekat bibir pantai. Bukit pasir ini bisa membuat sobat backpackeran serasa di gurun pasir luar negeri. Sobat backpackeran juga bisa menjajal permainan paralayang di Bukit Parangndog sembari berburu suasana sunset yang indah.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan bisa jadi adalah spot wisata yang wajib dikunjungi ketika backpacker ke Jogja. Candi ini adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Yang khas dari Candi Prambanan adalah adanya ukiran atau relief-relief yang terdapat di sekeliling candinya, yang menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana. Untuk mencapai candi ini juga mudah. Jika sobat backpackeran nggak memakai mobil pribadi, sobat bisa naik bus dan langsung turun di Halte Prambanan. Mudah kan?

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Di sini, sobat backpackeran bisa melihat bangunan berarsitektur kuno, mengetahui adat tradisional penghuni keraton, dan juga melihat koleksi barang-barang Kesultanan Jogja yang tersimpan di dalam museum kompleks keraton ini. Barang-barang koleksi museum itu berasal dari Raja Eropa. Jika sobat backpackeran tertarik untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta ini, sebaiknya datang pada pagi hari, karena kompleks keraton ini hanya buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang.

5. Puncak Becici

Puncak Becici Jogja

Mau menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian? Maka lokasi yang tepat adalah Puncak Becici. Puncak Becici ini dikelilingi oleh hutan pinus, jadi pemandangan yang umum sobat backpackeran lihat adalah suasana hijau hutan pinus. Untuk mencapai Puncak Becici, sobat backpackeran harus berjalan kaki dulu selama 15 menit di jalan setapak yang sudah disediakan. Jika sobat lelah, maka bisa menggunakan gazebo yang ada di sini untuk beristirahat. Setelah berada di puncak, jika cuaca sedang cerah, maka sobat backpackeran bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Sindoro dari kejauhan. Cocok nih buat sobat backpackeran yang ingin memperindah akun Instagramnya jadi lebih hijau.

Bagaimana? Jalan-jalan asyik di Jogja itu nggak mahal dan susah kan? Bisa jadi sobat backpackeran justru merasa betah di Jogja dan nggak mau pulang setelah berkunjung ke sana.