Backpacker ke Korea Selatan
Posted By supermin
Jalan-jalan ke Korea Selatan Bisa Lho Ala Backpacker, Lebih Hemat!

Selain Jepang, negara Asia lain yang kerap dikunjungi oleh turis asal Indonesia adalah Korea Selatan. Pasalnya, di Indonesia ini sudah banyak para remaja maupun orang dewasa yang sudah terkena demam K-Pop. Nggak heran, jika Korea Selatan bakal jadi destinasi utama bagi para pecinta K-Pop, dengan harapan mereka bisa melihat langsung lokasi syuting drama Korea alias Drakor yang mereka gemari, atau justru bisa bertemu langsung dengan idola mereka. Jalan-jalan ke Korea Selatan memang nggak murah, namun ada cara agar sobat backpackeran bisa ke sana lebih hemat, yaitu dengan backpacker ke Korea Selatan.

✓ Tips Jalan-Jalan ke Korea Selatan

Tentunya, bagi yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri, dalam hal ini Korea Selatan, masih belum tahu tentang apa saja yang harus dipersiapkan, atau apa yang harus dilakukan begitu tiba di sana. Backpacker ke Korea Selatan sebenarnya nggak sesulit yang dibayangkan. Jadi, buat sobat backpackeran yang mau ke Korea Selatan, simak beberapa tips berikut ini.

1. Jangan beli tiket pesawat dekat dengan hari H

Tiket Pesawat ke Korea Selatan

Mungkin sobat backpackeran sudah tahu dengan hal ini, namun nggak ada salahnya untuk kembali diingatkan. Backpacker ke Korea Selatan nggak bisa langsung beli tiket pesawat satu hari sebelum keberangkatan. Pembelian tiket harus sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sobat backpackeran agar harganya nggak melambung tinggi. Selain harus dilakukan jauh-jauh hari, sobat backpackeran juga harus rajin-rajin melihat situs pembelian tiket, atau situs maskapai penerbangan yang akan digunakan nanti. Siapa tahu sobat backpackeran bisa menemukan promo-promo menarik, seperti diskon harga tiket, jadi sobat bisa dapat harga tiket lebih murah. Umumnya, sobat backpackeran bisa menemukan harga tiket murah sekitar 6 sampai 12 bulan sebelum hari keberangkatan sobat.

2. Pilih penginapan murah

Kabar baik buat sobat backpackeran, karena di Negeri Ginseng ini masih tersedia banyak penginapan yang menawarkan harga murah. Selain murah, penginapan yang ada di Korea Selatan juga dikenal bersih dan nyaman. Jadi, jangan khawatir untuk backpacker ke Korea Selatan, karena penginapan murah yang ada di sana menjamin kebersihan dan kenyamanan pelanggannya. Sebagai perkiraan, penginapan berupa losmen atau guest house di sana memiliki harga sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu per malamnya. Murah bukan?

3. Cari makanan murah

Harga makanan di Korea Selatan masih tergolong bersahabat. Sobat backpackeran masih bisa makan puas hanya dengan uang Rp 50 ribu saja. Di sini terdapat warung makan yang dinamakan Kimbap Cheonguk. Warung tersebut buka selama 24 jam, dan enaknya lagi, mereka menyediakan makanan porsi besar dengan harga yang miring. Jadi, nggak perlu takut kelaparan jika jalan-jalan ke Korea Selatan. Atau jika sobat backpackeran adalah muslim, dan nggak tahu mana makanan yang halal atau nggak, bisa membawa bekal sendiri dari rumah. Namun perlu diingat, jangan makan mie instan terus!

4. Pilih transportasi murah

Bepergian menggunakan taksi adalah metode yang salah jika ingin backpacker ke Korea Selatan. Sama seperti di Indonesia, tariff taksi di Korea Selatan tergolong mahal. Karena itu, sobat backpackeran harus mencari alternatif transportasi lain yang lebih murah, yaitu bus atau kereta bawah tanah alias subway. Sebaiknya sobat backpackeran sebelumnya sudah memiliki kartu transportasi bernama T-Money untuk turis. Biasanya sobat backpackeran akan mendapatkan diskon 5% bagi turis saat menaiki bus khusus turis. Sobat backpackeran juga bisa memilih jalan kaki jika tempat yang akan dituju nggak terlalu jauh. Selain lebih sehat, sobat juga bisa berbaur dengan penduduk sekitar. Siapa tahu salah satu dari mereka akan menjadi teman bahkan sahabat sobat.

5. Pilih tempat belanja murah

Myeongdong Tempat Belanja di Korea Selatan

Di Korea Selatan, dua tempat yang terkenal untuk belanja atau membeli oleh-oleh adalah di Myeongdong dan Dongdaemun. Yang perlu diingat, harga barang di Myeongdong lebih mahal dibandingkan dengan Dongdaemun. Pasalnya, di Myeongdong banyak terdapat barang bermerk internasional, jadi wajar jika harganya lebih mahal. Untuk bisa mendapatkan harga lebih murah, sebaiknya datang ke pusat perbelanjaan saat pergantian musim, misalnya pergantian musim gugur ke musim dingin. Pada saat-saat tersebut, barang-barang yang berhubungan dengan musim gugur akan didiskon sebelum memasuki musim dingin. Bagi sobat backpackeran yang berjenis kelamin wanita, bisa coba datang ke Myeongdong, karena jika beruntung sobat backpackeran akan mendapatkan sampel kosmetik secara gratis.

✓ Wisata Korea yang Wajib di Kunjungi

Setelah tahu tips di atas, mungkin sobat bingung tempat mana saja yang menarik untuk dikunjungi saat jalan-jalan ke Korea Selatan. Nggak perlu bingung, berikut ini adalah beberapa tempat populer dan menarik saat backpacker ke Korea Selatan.

1. Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower

Sesuai namanya, menara ini terletak di ibukota Korea Selatan, Seoul. Di tempat ini, sobat backpackeran bisa melihat pemandangan kota Seoul dari ketinggian. Baik siang atau malam, kota Seoul akan selalu menawarkan pemandangan yang memukau. Dipastikan sobat backpackeran nggak menyesal datang ke tempat yang satu ini saat wisata ke Korea Selatan.

2. Istana Gyeongbukgung

Istana Gyeongbukgung

Jika sobat backpackeran menyuka drama kolosal Korea, tentunya ingin melihat langsung berbagai istana megah yang diperlihatkan dalam drama tersebut. Salah satu istana yang bisa sobat kunjungi adalah Istana Gyeongbukgung, yang masih berada di kota Seoul. Istana ini adalah simbol agung dari kerajaan dan rakyat Korea. Memasuki kawasan seluas 410 ribu meter persegi ini bakal membuat sobat backpackeran merasa di dalam drama Korea favorit sobat.

3. Nami Island

Nami Island Korea Selatan

Nami Island, atau sebutan lokalnya adalah Naminara, merupakan satu tempat yang nggak boleh sobat backpackeran lewatkan saat berada di Seoul. Saat musim gugur, sobat backpackeran akan disuguhi pemandangan indah berupa daun-daun pohon yang menguning di sepanjang jalan. Pemandangan serupa belum tentu bisa ditemui di negara lain. Karena keindahannya, tempat ini sering dijadikan lokasi syuting, salah satunya untuk drama Winter Sonata. Uniknya lagi, di Nami Island ini terdapat patung mirip boneka salju, dan bertuliskan ‘Selamat Datang’.

4. Gamchon Culture Village

Gamchon Culture Village Korea Selatan

Setelah dari Seoul, kita beralih ke kota Busan. Salah satu spot menarik dan populer di Busan ini adalah Gamchon Culture Village. Tempat ini bisa dibilang sebagai Santorini-nya Asia, karena sobat backpackeran akan melihat pemandangan kota yang artistik. Sejauh mata memandang, sobat backpackeran pecinta seni akan dibuat kagum dengan warna-warni yang menghias seluruh kota. Backpacker ke Korea Selatan pun jadi penuh warna.

5. Pantai Heundae

Pantai Heundae Busan Korea Selatan

Jika ingin dibandingkan, memang pantai di Indonesia lebih unggul dari pantai yang berada di kota Busan ini. Meski demikian, pantai ini memiliki keunggulan, yaitu dipenuhi dengan Seagull atau burung camar. Jumlahnya sangat banyak, terutama pada sore hari, jadi waktu liburan sobat backpackeran ke sini jadi terkesan romantis.

Nah, sobat backpackeran kini sudah tahu tips dan juga tempat-tempat populer di Korea Selatan. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat backpacker ke Korea Selatan ya.

Leave a comment