Backpacker ke lombok
Posted By supermin
Tags:
Yuk, Backpackeran ke Lombok dengan Cara Ini!

Lombok kini sering disejajarkan dengan Bali. Pasalnya, Lombok memiliki banyak wisata alam yang memilki keindahan nggak kalah dengan Bali. Hanya saja, Lombok memiliki keunggulan, yaitu tempat-tempatnya relative lebih sepi dibandingkan Bali, yang kini sudah ramai. Bila sobat ingin menenangkan hati yang gundah, atau ingin menyepi, maka bisa berwisata dengan cara backpacker ke Lombok merupakan pilihan yang tepat.

Meski ada beberapa lokasi wisata di Lombok yang sudah agak ramai, namun ada beberapa lokasi lainnya yang patut untuk dieksplor lebih lanjut lagi, karena cenderung masih lebih sepi. Dengan begitu, liburan ke Lombok bisa jadi jadi lebih maksimal dan efektif.

✓ Tips Liburan Ke Lombok dengan Cara Backpacker

Sebelum ke Lombok, ada baiknya sobat backpackeran menyimak beberapa tips di bawah ini untuk bisa lebih siap backpacker ke Lombok.

1. Menghemat waktu transportasi

Menuju ke Lombok dari Jakarta menggunakan jalur darat adalah metode yang buang-buang waktu dan uang. Jika menggunakan jalur darat, buat sobat backpacker yang berdomisili di Jakarta, diharuskan naik kereta dulu ke Surabaya. Setelah itu sobat backpacker masih harus naik-turun bus sampai akhirnya tiba di Lombok. Semua itu butuh biaya sekitar kurang lebih Rp 400 ribu. Untuk apa capek-capek pakai perjalanan darat, sementara ada metode lain yang lebih murah? Metodenya adalah dengan naik pesawat terbang. Jalur udara menuju Lombok ternyata lebih murah, yaitu sekitar Rp 350 ribu. Tapi, semua terserah sobat backpackeran.

2. Bawa barang secukupnya

Tips Liburan ke Lombok

Buat sobat backpackeran yang baru pertama kali liburan ke Lombok, mungkin berpikir untuk membawa semua barang yang diperlukan agar nggak ribet. Hal itu boleh saja dilakukan jika sobat backpacker ingin liburan ke Lombok ala turis biasa, bukan ala backpacker. Jika ingin backpacker ke Lombok, sebaiknya bawa barang secukupnya, dan hanya membawa satu ransel. Bawalah pakaian yang sering kamu pakai, dan peralatan mandi. Nggak perlu membawa hal-hal lain yang malah membuat tas kamu makin berat dan ribet membawanya.

3. Cari penginapan murah

Nggak jauh dengan di Bali, di Lombok sobat backpackeran juga bisa menemukan penginapan yang nggak bikin kantong jebol, yaitu hanya sekitar Rp 200 ribu per malam. Namun, untuk harga segitu, sobat backpackeran jangan mengharapkan fasilitas yang lengkap. Umumnya, penginapan dengan harga Rp 200 ribu per malam hanya menyediakan fasilitas yang terbatas. Kasarnya yang penting bisa tidur dan nggak kehujanan. Tapi tenang, meski fasilitas terbatas, penginapan-penginapan murah di Lombok masih nyaman dan bersih kok. Beberapa contoh penginapan murah bisa sobat backpackeran temukan di dekat Pantai Senggigi atau Gili Trawangan.

4. Makan di warung kaki lima

Lombok memang menyediakan berbagai macam restoran dengan menu makanan yang lezat. Tapi ingat, sobat sedang backpacker ke Lombok, jadi harus hemat pengeluaran. Jika ingin lebih hemat, sebaiknya sobat backpackeran makan di warung kaki lima saja. Harganya jelas lebih murah, namun sobat backpackeran tetap bisa kenyang, tanpa perlu keluar uang banyak.

5. Siapkan stamina

Jalan-jalan ke lombok

Karena di Lombok kebanyakan adalah wisata alam yang membuat sobat backpackeran jadi lebih banyak gerak, sebaiknya sobat menyiapkan stamina, agar nggak gampang sakit. Maksud hati ingin senang-senang, malah jadi kurang asyik. Makanlah yang teratur, jangan berlebihan. Bila perlu, minum vitamin atau suplemen yang membuat badan kamu lebih fit, jadi sobat backpackeran bisa sehat terus dan nggak mengganggu jadwal backpacker ke Lombok.

✓ Pilihan Wisata di Lombok

Bicara tentang Lombok, jelas ada banyak lokasi wisata yang bisa sobat backpackeran kunjungi. Berikut adalah beberapa lokasi wisata populer yang mungkin bisa dijadikan pilihan bagi sobat backpackeran saat berkunjung ke sana.

1. Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok adalah destinasi utama para traveler yang berkunjung ke Lombok. Bisa dibilang Lombok itu identik dengan Gili Trawangan. Nggak cuma turis lokal saja, popularitas Gili Trawangan ini juga sudah mencapai turis mancanegara. Alasannya adalah Gili Trawangan ini menawarkan pemandangan indah tiada duanya, yaitu pasir putih yang bersih, dan lautan biru yang menyejukkan mata serta hati. Nggak cuma itu saja, pemandangan bawah lautnya juga nggak kalah keren. Sobat backpackeran bisa menemui beragam spesies ikan dan batuan karang yang indah. Aktifitas lain yang bisa sobat backpackeran lakukan di Gili Trawangan ini adalah menikmati sunset di pantai.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Lombok

Ikon wisata lain di Lombok adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl). Perjalanan menuju puncak Rinjani memang terbilang menantang, namun sobat backpackeran nggak perlu khawatir, karena tersedia tur operator yang akan membantu sobat untuk mendaki gunung ini dan menyaksikan sendiri keindahan gunung ini. Gunung Rinjani ini dikelilingi oleh hutan hujan dan savana. Berada di sini membuat sobat backpackeran serasa di Afrika. Di gunung ini juga terdapat Danau Segara Anak, yang airnya berwarna biru berkilau. Di sini sobat backpackeran bisa beristirahat sejenak jika lelah mendaki gunungnya.

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan Lombok

Bukan pantai biasa, pantai ini memiliki tekstur pasir menyerupai biji merica. Terdapat pula pepohonan rimbun di sekeliling pantai ini, yang bisa sobat backpackeran pakai untuk berteduh. Ada juga bukit, yang bisa sobat backpackeran daki untuk melihat pemandangan pantai ini dari ketinggian. Namanya pantai, jelas sobat backpackeran bisa melakukan aktifitas air seperti berenang atau snorkeling di sini. Keunikan lain yang dimiliki pantai ini adalah adanya Ritual Bau Nyale. Ritual itu dilakukan dengan mencari cacing laut yang dipercaya oleh penduduk sekitar sebagai reinkarnasi dari Puteri Mandalika.

4. Pantai Pink

Pantai Pink Lombok

Lombok punya pantai lain yang nggak kalah unik, yaitu Pantai Pink. Sesuai namanya, Pantai Pink Lombok ini memiliki pasir berwarna merah muda. Warna pasir ini jadi terlihat lebih indah jika terkena sinar matahari. Warna pink ini berasal dari sisa-sisa karang merah dari dalam laut. Sisa-sisa karang tersebut lalu terbawa ombak menuju pantai, dan kemudian bercampur dengan pasir yang berwarna kecoklatan.  Selain pasirnya yang berwarna unik, daya tarik dari pantai ini adalah panoramanya yang indah. Kekayaan bawah lautnya juga patut untuk disaksikan sendiri saat backpacker ke Lombok.

5. Desa Sade

Desa Sade Lombok Puas menikmati wisata alam di Lombok, maka sobat backpackeran bisa menuju ke Desa Sade. Di sini, sobat backpackeran bakal melihat rumah-rumah penduduk yang benar-benar tradisional, yaitu masih menggunakan tiang kayu untuk penyangga, serta atapnya yang dibuat dari alang-alang kering. Dinding rumahnya sendiri terbuat dari bambu. Mata pencaharian utama penduduk desa ini adalah menjual kain tenun yang dibuat secara tradisional, alias manual menggunakan tangan, bukan mesin.

Siapkah sobat backpackeran mengeksplor lebih dalam lagi saat backpacker ke Lombok? Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dari lokasi-lokasi wisata di atas ya. Jika suasananya bersih, sobat backpackeran pun juga jadi lebih enak menikmati pemandangan yang disuguhkan Lombok.

Leave a comment