Backpacker ke Kuala Lumpur, Malaysia
Posted By supermin
Tags:
Mau Keluar Negeri Murah? Backpacker ke Malaysia aja!

Bagi para backpacker, selain di Indonesia, negara lain yang akan mereka pilih adalah negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Salah satunya adalah Malaysia, karena Malaysia adalah negara yang paling dekat dengan Indonesia. Sobat backpackeran juga nggak ada salahnya untuk backpacker ke Malaysia, apalagi kini untuk bisa ke sana sudah nggak lagi membutuhkan biaya yang mahal. Ditambah dengan cara backpacker, dijamin impian untuk jalan-jalan ke Malaysia bakal terwujud!

✓ Tips Backpacker ke Kuala Lumpur, Malaysia

Buat sobat backpackeran yang mau ke Malaysia, nggak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tips berikut ini agar perjalanan sobat backpackeran lebih nyaman dan hemat.

1. Pakai tiket pesawat promo

Kebanyakan maskapai penerbangan kini memberikan promo diskon untuk tiket bepergian ke negara-negara Asia Tenggara, termasuk Malaysia. Jika sobat mau backpacker ke Malaysia, setiap harinya harus rajin memantau situs maskapai penerbangan yang mau digunakan, atau bisa juga cari situs penyedia tiket lainnya. Siapa tahu sobat backpacker beruntung bisa mendapatkan tiket yang jauh lebih murah dari harga biasa. Untuk rentang harganya, biasanya harga promo yang diberikan oleh maskapai penerbangan adalah sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribu. Lumayan kan di bawah Rp 1 juta sobat backpacker bisa jalan-jalan ke Malaysia?

2. Mengunjungi Malaysia setelah dari Singapura

Sobat backpackeran bisa memilih untuk mengunjungi dua negarai sekaligus saat liburan. Sobat backpackeran bisa mengunjungi Malaysia setelah jalan-jalan di Singapura. Pasalnya, mengunjungi Malaysia setelah dari Singapura bisa menghemat biaya tiket. Untuk ke Malaysia dari Singapura, cukup menggunakan bus saja, dengan waktu tempuh selama kurang lebih 5 jam. Bisa juga menggunakan kereta dari Stasiun Woodlands untuk bisa ke Malaysia. Namun, waktu tempuhnya jadi sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan bus, yaitu sekitar 6 sampai 7 jam.

3. Hindari musim liburan

Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur

Sama seperti ketika backpacker ke negara lainnya, ketika backpacker ke Malaysia, sebisa mungkin hindari berangkat pada musim liburan, atau high season. Contohnya seperti libur Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Pada musim liburan, harga tiket bahkan penginapan bisa melonjak tinggi, dan malah membebani dompet sobat backpacker. Karena itu, berangkatlah ke Malaysia saat weekdays, alias Senin sampai Jumat. Pastikan pula untuk membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan biar nggak kehabisan.

4. Booking penginapan saat masih berada di Indonesia

Pastikan sobat backpackeran sudah booking hotel atau penginapan saat masih berada di Indonesia. Saat ini sudah tersedia banyak situs booking hotel di Indonesia, tinggal pandai-pandai sobat backpackeran saja untuk memilih yang paling murah di antara yang murah. Namun, jika sobat backpackeran memilih untuk memesan langsung saat tiba di Malaysia, lebih baik pilih penginapan yang berada di kawasan Bukit Bintang dan Chinatown agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

5. Kunjungi tempat wisata terkenal, sekaligus kunjungi tempat wisata gratis

Sudah jauh-jauh ke Malaysia, tentunya sayang jika harus melewatkan beberapa destinasi wisata yang populer. Gunakan hari sobat backpackeran ketika backpacker ke Malaysia dengan sebaik-baiknya, jangan sampai menyesal kemudian. Selain tempat wisata populer, sobat backpackeran juga bisa mengunjungi tempat wisata gratis seperti Jembatan Putrajaya Malaysia atau Batu Caves. Lumayan bisa menghemat biaya untuk jalan-jalan. Dompet terselamatkan, hati pun puas.

✓ Wisata Populer di Kuala Lumpur, Malaysia

Bicara tentang tempat wisata terkenal atau populer, berikut ini ada beberapa tempat wisata yang bisa sobat backpackeran kunjungi saat jalan-jalan ke Malaysia. Semoga bisa membantu.

1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas Malaysia

Jalan-jalan ke Kuala Lumpur jelas harus mengunjungi menara ini. Terletak di tengah kota Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas sudah menjadi ikon dari Malaysia. Menara setinggi 452 meter dan memiliki 88 lantai ini dinobatkan sebagai menara kembar tertinggi di dunia. Di menara ini, sobat backpackeran bisa foto-foto untuk kenang-kenangan. Sobat backpackeran juga bisa membeli tiket naik ke atas, dan menikmati pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Karena menjadi ikon kota Kuala Lumpur, menara ini jelas nggak pernah sepi pengunjung. Baik siang maupun malam, menara ini selalu dikunjungi wisatawan lokal atau mencanegara. Menara ini tampak lebih indah jika dilihat pada malam hari.

2. Taman Burung Kuala Lumpur

Taman Burung Kuala Lumpur Malaysia

Berikutnya tempat wisata yang wajib dikunjungi sobat backpackeran ketika backpacker ke Malaysia adalah Taman Burung Kuala Lumpur, yang pastinya berada di kota Kuala Lumpur. Taman burung ini memiliki koleksi sekitar 3 ribu spesies burung, menjadikannya salah satu taman burung terbesar di dunia. Hampir semua burung yang ada di taman burung ini adalah spesies asli Malaysia, dan hanya sekitar 10 persen saja yang merupakan spesies burung dari luar Malaysia. Tempat ini cocok sebagai tempat wisata keluarga, karena di tempat ini anak-anak bisa belajar sekaligus bermain, serta foto-foto dengan burung yang berwarna indah.

3. Chinatown

Jalan Petaling Chinatown Malaysia

Terletak di Jalan Petaling, Kuala Lumpur, Chinatown ini bisa menjadi tujuan sobat backpacker selanjutnya. Apa alasannya? Alasannya adalah di Chinatown ini sobat backpacker bisa berburu barang dengan harga murah. Bisa dibilang bahwa Chinatown di Malaysia ini adalah surga belanja. Barang murah yang dijual di Chinatown antara lain adalah tas, baju, CD musik, dompet, makanan, mainan, hingga obat-obat herbal. Enaknya lagi, sobat backpacker masih bisa menawar lagi untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Tempat ini cocok untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Jika sobat backpacker mau datang ke sini, lebih baik datang pada waktu siang hari, karena masih relatif sepi. Semakin sore, tempat ini akan semakin ramai, dan sulit untuk memilih serta menawar barang incaran sobat backpacker.

4. Batu Caves

Batu Caves Malaysia

Batu Caves digolongkan sebagai tempat yang suci bagi warga Malaysia yang beragama Hindu. Terletak sejauh 13 km di utara Kuala Lumpur, di sini sobat backpackeran akan disuguhi ratusan anak tangga, tepatnya 272 anak tangga untuk bisa merasakan megahnya Batu Caves. Di tiap anak tangga itu, tertulis angka yang menunjukkan sobat backpackeran sudah sampai di anak tangga yang ke berapa. Selama perjalanan mendaki anak tangga itu, sobat backpackeran akan melihat monyet-monyet yang berkeliaran. Hati-hati, karena monyet ini kerap mengambil barang bawaan sobat backpackeran, jadi jaga baik-baik barang bawaan sobat. Ingat pula bahwa tempat ini adalah tempat suci, jadi jaga kelakuan dan jangan merusak apa pun yang ada di tempat ini.

5. Masjid Negara

Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara, atau National Mosque, dibangun pada tahun 1965, dan terletak di Jalan Perdana, Kuala Lumpur. Masjid yang jadi kebanggaan warga Malaysia ini mampu menampung sebanayak 15 ribu orang jamaah Muslim. Selain aktif jadi tempat ibadah, masjid ini juga bisa jadi tempat wisata di luar jam ibadah, dan terbuka untuk semua orang, bahkan untuk orang non Muslim sekali pun. Namun yang perlu diingat, ketika mengunjungi masjid ini, pastikan sobat backpackeran memakai pakaian yang sopan. Jika penjaga masjid merasa pakaian sobat backpackeran kurang sopan, maka sobat akan dipinjami jubah panjang selama kunjungan sobat di masjid ini.

Nah, backpacker ke Malaysia itu terbukti nggak mahal kan? Meski nggak mahal, sobat backpackeran dijamin akan puas mengunjungi Malaysia.