Backpacker ke Maldives
Posted By supermin
Tags:
Backpacker ke Maldives, Budget Tipis? Bukan Masalah!

Jika ditanya ke mana liburan yang pemandangan lautnya menakjubkan dan juga bisa dijadikan spot bulan madu, mungkin kebanyakan orang setuju jika jawabannya adalah Maldives, atau bahasa Indonesianya Maladewa. Maldives memang menawarkan spot berupa pantai-pantai indah nan memukau, yang membuat siapa pun terkagum-kagum. Jangan cuma mimpi, karena sobat backpackeran juga bisa kok liburan ke Maldives.

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya Maldives itu dimana? Maldives itu sebenarnya masih bagian dari Asia Selatan, tepatnya di Selatan negara India. Bahkan jika dilihat letaknya, Maldives itu letaknya nggak begitu jauh dengan Indonesia. Jadi, sobat backpackeran nggak perlu lagi bertanya-tanya mengenai letak negara Maldives ini.

✓ Tips Backpacker Ke Maldives

Memang, biaya liburan ke Maldives itu nggak murah, namun paling nggak sobat backpackeran bisa memangkas biaya agar bisa ke sana dengan biaya yang lebih murah. Caranya? Berikut tips backpacker ke Maldives yang bisa sobat backpackeran lakukan.

1. Menentukan waktu liburan

Liburan ke Malidives

Untuk bisa liburan ke Maldives, tentu saja sobat backpackeran harus menentukan kapan sobat backpackeran mau ke sana. Sudah pasti, sobat backpackeran harus menghindari high season atau musim liburan jika ingin ke sana, agar biaya tiket dan juga penginapannya lebih murah. Sebenarnya, waktu yang tepat untuk mengunjungi Maldives adalah saat musim panas, yaitu pada bulan Desember sampai April. Namun, pasti semua orang ingin ke Maldives saat musim panas, jadi musim panas itu masuk ke kategori high season. Bila ingin hemat, sebaiknya sobat backpackeran ke Maldives saat musim hujan, yaitu sekitar bulan Mei sampai November. Usahakan untuk datang bulan Mei sampai Juni, karena curah hujannya masih belum begitu tinggi.

2. Tukar uang Rufiyaa sebelum berangkat

Mirip-mirip dengan pengucapan uang Rupiah, mata uang dari Maldives adalah Rufiyaa. Biar nggak ribet, sebaiknya sobat backpackeran menukar uang Rufiyaa saat masih berada di Indonesia. Alasannya adalah di Maldives nggak tersedia mesin ATM. Bahkan di beberapa restoran dan resort Maldives juga nggak tersedia mesin EDC, jadi sobat backpackeran nggak bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit. Jadi, sebaiknya siapkan uang Rufiyaa secara tunai. Jika ingin menukar uang langsung di Maldives, siapkan uang Dollar Amerika Serikat alias USD.

3. Pakai kapal ferry

Biasanya untuk bisa mengunjungi pulau-pulau eksotis yang ada di Maldives, para wisatawan bisa menggunakan pesawat domestik. Jelas, harganya bisa mahal dan nggak sesuai untuk yang liburan ke Maldives secara backpacker.Solusinya, sobat backpacker bisa menggunakan kapal ferry yang berangkat tiap 10 menit sekali. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah.

Kapal Ferry ke Maldives

4. Booking hotel murah di Maldives

Saat masih berada di Indonesia, sebaiknya sobat backpackeran memesan atau booking dulu hotel yang akan diinapi saat berada di Maldives. Caranya adalah melalui situs booking hotel yang kini sudah banyak tersedia di Indonesia. Jangan memilih hotel mewah, melainkan pilih guest house yang kisaran tarifnya antara USD 35 sampai USD 60 (sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 700 ribu) per malamnya. Meski pemandangannya bukan seperti yang sobat backpackeran harapkan, paling nggak guest house ini masih nyaman dan bersih, yang penting bisa digunakan sobat backpackeran untuk istirahat.

5. Makan murah

Harga makanan di Maldives tergolong mahal. Untuk sekali makan, sobat backpackeran harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 100 sampai Rp 150 ribu. Solusinya, sobat backpackeran bisa memanfaatkan makanan gratis yang disediakan di tempat sobat menginap. Makan sekenyang mungkin, jadi pada saat siang dan malam hari nggak perlu banyak makan. Jika penginapan tempat sobat backpackeran nggak menyediakan sarapan, maka sebaiknya bawa mie instan dari Indonesia untuk jaga-jaga bila sobat backpackeran kelaparan. Buat sobat backpackeran yang Muslim, nggak perlu khawatir, karena Maldives adalah negara yang penduduknya mayoritas (bahkan 100 persen) Muslim, jadi sudah pasti makanan yang ada di sana halal.

✓ Lokasi Wisata di Maldives yang Perlu di Kunjungi

Jika sobat backpackeran kebetulan beruntung bisa liburan ke Maldives, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi.

1. Bluetribe Moofushi

Bluetribe Moofushi Maldives

Buat sobat backpackeran yang hobi diving, tempat ini bisa dijadikan destinasi utama sobat. Memang, selain pemandangan pantainya yang memukau, Maldives juga dikenal oleh masyarakat dunia sebagai surganya bawah laut. Salah satu spot terbaik menikmati keindahan bawah laut Maldives adalah di Bluetribe Moofushi ini. Berbagai macam ikan, dari yang kecil sampai yang besar bisa sobat backpackeran temui di sini. Selain diving, sobat backpackeran juga bisa melakukan kegiatan lain seperti snorkeling, kayak, sampai windsurfing.

2. Sun Island Resort

Sun Island Resort Maldives

Sun Island Resort merupakan tempat wisata yang juga wajib dikunjungi di Maladives. Resort ini sebenarnya adalah pulau karang atau atol berbentuk cincin, yang di tengah-tengahnya terdapat laguna yang terisi oleh tumbuhan indah, seperti bunga-bunga. Air laguna yang ada di resort ini akan membuat sobat backpackeran merasa tenang, sehingga tempat ini cocok buat sobat backpackeran  yang ingin menenangkan suasana hati.

3. Pulau Alimatha

Pulau Alimatha Maldives

Sama seperti Sun Island Resort, Pulau Alimatha ini sebenarnya juga berupa pulau karang alias atol. Pulau ini berada di bagian Timur Maldives, dan memiliki pemandangan laut paling jernih di antara pulau-pulau lainnya. Ditambah lagi, biota laut di sini terbilang masih perawan, jadi jelas nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Karena suasananya yang tenang, Pulau Alimatha ini jelas harus masuk daftar wajib kunjung oleh sobat backpackeran. Dijamin, segala penat yang sobat backpackeran miliki bakal sirna seketika setelah mengunjungi pulau ini.

4. Manta Point

Manta Point di Maldives

Spot diving lain yang juga populer di Maldives adalah Manta Point. Sesuai namanya, di Manta Point sobat backpackeran bisa menemukan banyak ikan pari jenis manta rays dengan mudah. Manta rays sendiri sering mencari makan sekitar batu karang di laut dangkal, sehingga nggak sulit untuk bisa menemukannya. Jika kebetulan sobat backpackeran belum pernah lihat manta rays secara langsung, maka Manta Point ini bisa jadi destinasi yang harus dikunjungi.

5. National Museum

National Museum Maldives

Spot terakhir yang nggak boleh terlewatkan oleh sobat backpackeran adalah National Museum yang terletak di ibukota Maldives, Male. Museum ini memiliki benda-benda bersejarah serta artefak unik, seperti manuskrip, senjata, bahkan kostum yang pernah dipakai oleh raja dan ratu negara ini dulunya, yang pastinya nggak bisa sobat backpackeran temui di negara lain. Uniknya lagi, bagian dinding museum ini memiliki ukiran tulisan Alquran yang dibuat manual dengan tangan, dan masih terjaga hingga saat ini. Sebenarnya, jika ingin mendapatkan informasi tentang Maldives yang lengkap, maka begitu tiba di Maldives, tujuan awal yang harus didatangi adalah National Museum ini.

Siapa bilang liburan ke Maldives itu mustahil? Nyatanya, sobat backpackeran masih bisa jalan-jalan di sana dengan biaya yang lebih murah dibandingkan harga normal dengan memakai beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat.