Posted By supermin
Tags:
Saatnya Memanjakan Mata dengan Backpacker ke Raja Ampat

Indonesia patut berbangga, nama Raja Ampat kini sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, Raja Ampat menampilkan keindahan alam laut yang tiada duanya, sehingga mampu membuat siapa pun terbius akan keindahannya. Kerennya lagi, Raja Ampat dinobatkan menjadi salah satu spot menyelam terbaik sedunia. Pantas saja banyak wisatawan yang rela liburan ala backpacker ke Raja Ampat demi bisa menyaksikan keindahan Raja Ampat dengan mata kepalanya sendiri.

✓ Tips Backpacker ke Raja Ampat dengan Budget Hemat

Sobat backpacker mungkin juga memiliki keinginan untuk ke Raja Ampat namun belum terlaksana lantaran biaya ke Raja Ampat yang memang nggak murah. Namun, agar sobat backpackeran bisa ke sana, berikut ada beberapa tips ala backpacker ke Raja Ampat. Dengan begini, siapa pun bisa berkunjung ke Raja Ampat lho!

1. Cari tiket pesawat murah

Jika sobat backpackeran berdomisili di Indonesia Barat, sudah pasti tahu bahwa biaya untuk liburan ke Indonesia Timur cukup mahal. Karena itu, satu-satunya solusi adalah dengan mencari promo tiket pesawat agar mendapat harga yang lebih murah dan terjangkau. Selain rajin cari promo, sobat backpackeran juga sebaiknya hinderi ke Raja Ampat saat peak season, karena harganya justru bisa bikin sobat backpackeran gagal berangkat ke Raja Ampat. Sobat backpackeran bisa juga backpacker ke Raja Ampat dengan menggunakan penerbangan transit dari maskapai yang berbeda, agar biayanya lebih murah. Biasanya, penerbangan yang ada dari Jakarta ke Sorong. Lebih baik, sobat backpackeran mengambil penerbangan malam, agar bisa sampai di Sorong pada pagi hari, dengan tujuan bisa mengejar kapal cepat yang berangkat jam 2 siang waktu setempat. Hanya sebagai catatan, pastikan memperhatikan maskapai yang jarang delay, karena dikhawatirkan

2. Cari penginapan murah

Ke Raja Ampat, tentu nggak bisa cuma sehari dua hari saja. Karena itu, sobat backpackeran juga harus mencari penginapan yang tarifnya murah untuk beberapa hari, paling nggak seminggu. Salah satu cara untuk mendapatkan penginapan murah di Raja Ampat adalah dengan homestay. Beberapa homestay di Raja Ampat menawarkan harga yang masuk akal, yaitu sekitar Rp 250 ribu per orang per malam. Enaknya lagi, harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari, jadi sobat backpackeran nggak perlu takut kelaparan selama backpacker ke Raja Ampat.

3. Menyewa perahu

Selain mendapatkan penginapan dengan tariff murah, manfaat lain yang bisa sobat backpackeran dapat dengan homestay adalah bisa mengetahui informasi menyewa perahu untuk jalan-jalan antar pulau di Raja Ampat. Pemilik homestay biasanya tahu jadwal orang lain yang juga punya kegiatan sama. Nah, dari situ, sobat backpackeran bisa bergabung dengan orang lain yang juga menyewa perahu, jadi biayanya lebih murah. Beberapa homestay bahkan juga punya jadwal rutin untuk pergi ke pulau-pulau kecil yang ada di Raja Ampat. Bila sobat backpackeran beruntung, sobat bisa menyewa perahu hanya dengan biaya Rp 100 ribu saja.

4. Siapkan uang tunai

Sebelum berangkat ke Raja Ampat, sebaiknya sobat backpackeran siapkan dulu uang cash alias tunai secukupnya. Karena, di Raja Ampat sangat jarang ditemukan ATM. Jangan sampai sobat backpackeran nggak bisa bayar segala kebutuhan sobat gara-gara nggak bawa uang tunai yang cukup.

5. Berbaur dengan warga sekitar

Selain dari homestay, sobat backpackeran juga bisa mendapatkan informasi berguna lainnya dengan cara berbaur. Berbaur dengan warga yang tinggal di Raja Ampat bisa membuat sobat backpackeran jadi lebih tahu tentang Raja Ampat, mulai dari sejarahnya, hingga lokasi wisata yang wajib dikunjungi, sehingga backpacker ke Raja Ampat bisa lebih seru.

✓ Daftar Pulau di Raja Ampat yang Wajib di Kunjungi

Agar backpacker ke Raja Ampat milik sobat makin sempurna, maka berikut ini ada beberapa destinasi wisata di Raja Ampat yang dianggap paling spesial dan bisa membuat pengalaman sobat backpackeran wisata ke Raja Ampat jadi nggak bisa terlupakan.

1. Pulau Wayag

Pulau Wayag Raja Ampat

Pulau Wayag yang menjadi ikon wisata di Raja Ampat ini sudah termahsyur hingga ke seluruh dunia, sehingga mungkin sobat backpackeran akan banyak melihat para bule juga berlibur ke pulau ini. Wajar jika banyak yang menyebut pulau ini sebagai surga dunia. Sobat backpackeran bisa menikmati pemandangan Pulau Wayag dari ketinggian yang tiada duanya. Selain pemandangan di atas laut, pemandangan bawah lautnya juga nggak kalah keren. Termasuk sebagai salah satu dari 10 spot menyelam terbaik, jelas akan sayang jika sobat backpackeran melewatkan Pulau Wayag saat backpacker ke Raja Ampat.

2. Kepulauan Pianemo

Pulau Pianemo Raja Ampat

Banyak orang berpendapat bahwa Kepulauan Pianemo adalah versi mininya Pulau Wayag. Hal itu dikarenakan pemandangan pulau ini mirip dengan pemandangan yang ada di Pulau Wayag, yaitu gugusan pulau hijau di atas lautan yang biru. Bedanya, untuk bisa melihat keindahan pulau ini, sobat backpackeran harus sedikit berusaha, yaitu dengan menaiki beberapa anak tangga untuk bisa mencapai puncak tertinggi dari kepulauan ini.

3. Pulau Misool

Pulau Misool Raja Ampat

Pulau Misool jadi salah satu pulau terbesar dari total 4 pulau yang ada di Raja Ampat. Pulau Misool sendiri terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Misool Utara, Misool Selatan, Misool Barat dan Misool Timur. Di pulau ini, sobat backpackeran bisa melihat lumba-lumba, paus bahkan pari manta secara langsung. Pulau Misool juga punya pemandangan bawah laut yang memukau. Pasalnya, lautan di Pulau Misool ini termasuk daerah segitiga karang dunia, jadi sobat backpackeran akan banyak menemui ikan-ikan cantik di sini. Salah satu tempat yang nggak boleh terlewat ketika di Pulau Misool adalah Puncak Love, di mana sobat backpackeran bisa melihat laguna berbentuk hati, sesuai namanya.

4.  Pulau Salawati

Pulau Salawati Raja Ampat

Setelah Pulau Misool yang jadi salah satu pulau terbesar di Raja Ampat, sobat backpacker bisa lanjut ke Pulau Salawati, yang merupakan pulau terbesar di Raja Ampat. Pantai yang ada di pulau ini bisa bikin hati sobat backpackeran adem, karena pasir pantainya yang putih dan lautannya yang biru. Di pulau ini pula sobat backpackeran bisa menemukan ikan pelangi, yang tergolong hewan langka. Selain pantai, pulau ini juga menyuguhkan hutan tropis yang cukup lebat. Di hutan tropis tersebut, sobat backpackeran akan menemukan tumbuhan khas Papua, yaitu pohon sagu. Bagi sobat backpackeran yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari kebisingan kota, maka pulau ini bisa dijadikan pilihan utama, karena pulau ini tergolong masih sepi wisatawan.

5. Pulau Kri

Pulau Kri Raja Ampat

Mau tahu tempat menyelam yang dinilai paling sempurna di Raja Ampat? Jawabannya adalah di Pulau Kri ini. Kenapa tempat yang terletak di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat ini jadi spot menyelam paling sempurna di Raja Ampat? Di sini, dalam satu penyelaman, sobat akan menemukan 374 spesies ikan yang berbeda, mulai dari barakuda, kakap, kerapu, hiu, hingga hewan lain yang bukan ikan seperti kura-kura. Ditambah lagi, arus di sini nggak begitu kuat, jadi sobat bisamelihat pemandangan bawah lautnya sampai puas.

Jadi, kapan kita backpacker ke Raja Ampat?