Backpacker ke Singapura
Posted By supermin
Tags:
Backpacker ke Singapura Murah dan Hemat? Baca Ini!

Singapura, yang merupakan negara tetangga Indonesia, kerap dijadikan destinasi wisata saat liburan. Biaya liburan ke Singapura memang tergolong mahal, namun masih lebih terjangkau dibandingkan dengan wisata ke Eropa atau negara Asia lain seperti Jepang atau Korea Selatan. Banyak yang sudah wisata ke Singapura, namun kebanyakan mereka masih liburan ala turis biasa, yang pastinya memakan biaya yang nggak sedikit. Jika ingin murah, maka nggak ada cara lain selain dengan wisata ala backpacker ke Singapura.

Ada kekhawatiran jika jalan-jalan ke Singapura akan membuat dompet jebol. Hal itu bisa dimaklumi, karena memang wisata ke Singapura lebih mahal daripada berwisata ke Thailand. Walau demikian, bukan berarti sobat backpackeran nggak bisa jalan-jalan di Singapura dengan biaya lebih murah.

✓ Tips Jalan-Jalan ke Singapura

Bila ingin backpacker ke Singapura, maka sobat backpackeran bisa perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Berburu tiket pesawat murah

Beberapa maskapai penerbangan kerap memberikan promo berupa tiket pesawat dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga tiket sebelum promo. Hal ini harus dimanfaatkan oleh sobat backpackeran jika ingin backpacker ke Singapura. Bahkan maskapai penerbangan besar yang ada di Indonesia pun nggak ragu memberikan diskon untuk bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Jadi, rajin-rajinlah mengecek situs resmi maskapai penerbangan yang akan sobat backpackeran pakai nanti. Siapa tahu sobat bisa beruntung.

2. Booking hotel sebelum berangkat

Sekarang ini sudah tersedia banyak situs yang bisa dipakai untuk memesan atau booking hotel di Singapura, bahkan sebelum sobat backpackeran berangkat ke Singapura. Banyak yang bilang bahwa biaya hidup di Singapura itu tinggi, namun sobat backpackeran masih bisa menemukan penginapan murah dengan biaya Rp 200 ribuan per malamnya. Sebagai saran, sobat backpackeran bisa memilih penginapan di area Bugis, Lavender, Clarke Quay, atau di Little India. Jangan memesan hotel di kawasan Marina Bay, karena sudah pasti harganya bakal bikin sobat backpackeran tekor.

Penginapan di Clarke Quay Singapura

3. Tukar uang saat masih di Indonesia

Untuk berjaga-jaga ada biaya tambahan saat tiba di bandara, sebaiknya sobat backpackeran menukar Rupiah ke Dollar Singapura saat masih berada di Indonesia. Siapkan pula ATM dan kartu kredit sobat backpackeran, namun jangan digunakan sembarangan. Gunakan ATM atau kartu kredit bila sedang benar-benar butuh. Ingat, sobat sedang backpacker ke Singapura. Sebisa mungkin kurangi pengeluaran yang nggak penting.

4. Jangan ragu mengambil peta saat di Bandara Changi

Map di Singapura

Namanya backpacker, jelas nggak ada tour guide yang akan memandu sobat backpacker keliling Singapura. Sobat backpacker harus berusaha cari jalan sendiri. Bukan nggak mungkin sobat backpacker bisa tersesat di Singapura, meskipun negara Singapura adalah negara yang nggak terlalu luas. Jadi, siapkan peta atau aktifkan GPS di smartphone sobat backpackeran. Alternatif lain, sobat backpackeran bisa membawa peta secara gratis saat tiba di Bandara Changi. Selain petunjuk tempat, peta ini juga memberikan informasi yang tentunya penting saat sobat backpackeran berada di Singapura.

5. Transportasi dan makan murah

Saat backpacker ke Singapura, hindari bepergian menggunakan taksi, karena tarifnya jelas lebih mahal. Sebaiknya gunakan alat transportasi MRT. Selain lebih murah, MRT di Singapura juga nyaman dan aman, berbeda dengan di Indonesia. Jangan lupa siapkan kartu EZ Link untuk membuat perjalanan sobat backpackeran lebih praktis. Untuk urusan makan, lebih baik jangan makan di restoran, namun makan di warung pinggir jalan. Di warung itu sobat backpackeran bisa menemukan Nasi Ayam Hainan dengan harga lebih murah. Bisa juga sobat backpackeran melipir ke Orchard Road untuk beli es krim yang harganya cuma 1 Dollar Singapura. Atau bisa juga untuk lebih menghemat lagi, sobat backpackeran bisa membawa botol minum sendiri, dan diisi di keran air minum yang tersebar di tempat-tempat umum.

✓ Tempat Wisata di Singapura Terpopuler

Sudah siap ke Singapura? Jika sudah, maka berikut adalah tempat-tempat wisata populer di Singapura yang wajib dikunjungi sobat backpackeran. Awas, jangan sampai terlewat!

1. Patung Merlion

Patung Merlion Singapura

Patung yang jadi ikon Singapura ini memang jadi spot utama yang harus didatangi sobat backpackeran saat backpacker ke Singapura. Jalan-jalan ke Singapura jelas nggak lengkap jika belum ke sini. Memang nggak ada wahana seru di sini, tapi paling nggak sobat backpackeran bisa datang ke sini tanpa dikenakan biaya alias gratis, dan bisa selfie di depan Patung Merlion, sebagai bukti bahwa sobat sudah pernah traveling ke Singapura. Oh ya, untuk selfie di depan patungnya juga gratis lho.

2. Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore

Nah, di sini baru sobat backpackeran bisa menemukan wahana yang seru. Bisa dibilang, Universal Studio Singapura yang terletak di Pulau Sentosa adalah Dufan-nya Singapura. Selain di Singapura, Universal Studio juga ada di Jepang. Sayang rasanya jika ke Singapura namun belum berkunjung ke tempat wisata ini, karena banyak wahana seru yang nggak bisa sobat backpackeran dapatkan di Dufan. Bonusnya, sobat backpackeran bisa selfie di monumen bola dunia, yang jadi logo Universal Studio. Tentunya berkunjung ke sini bakal jadi kenangan yang nggak terlupakan.

3. Singapore Flyer

Wisata ke Singapore Flyer

Jika Indonesia punya Bianglala yang ada di Dufan, maka Singapura punya Singapore Flyer yang berada di dekat Marina Bay. Yang berbeda dari bianglala di Singapura ini dibandingkan dengan yang ada di Indonesia adalah ukurannya yang lebih besar, dengan tinggi mencapai 165 meter, dan mendapatkan predikat sebagai bianglala tertinggi di dunia. Nggak heran tempat ini selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung. Sobat backpackeran bisa menikmati pemandangan Singapura dari ketinggian di bianglala ini. Sayangnya, untuk bisa naik bianglala ini membutuhkan biaya yang nggak murah, yaitu sekitar Rp 350 ribu.

4. Singapore Zoo

Wisata ke Singapore Zoo

Lagi, Singapura punya lokasi wisata yang mirip seperti di Indonesia. Jika Indonesia punya Taman Safari, maka Singapore Zoo adalah Taman Safari-nya Singapura. Sudah pasti, di kebun binatang yang terletak di Mandai, utara Singapura ini, sobat backpackeran akan menemukan berbagai macam hewan. Bahkan, kebun binatang ini mengklaim bahwa mereka memiliki ribuan koleksi spesies hewan langka, yang belum tentu bisa sobat backpackeran lihat ketika berada di Taman Safari Indonesia. Untuk masuk ke Singapore Zoo, sobat backpackeran harus siapkan uang sebesar Rp 250 ribu. Cukup mahal memang, namun setimpal dengan apa yang sobat backpackeran dapatkan.

5. Marine Life Park

Marine Life Park Singapore

Muncul lagi tempat wisata yang mirip seperti tempat wisata di Indonesia, yaitu Marine Life Park di Pulau Sentosa. Tempat ini bisa dibilang mirip dengan Sea World, atau Jakarta Aquarium. Sobat backpackeran bisa melihat kehidupan hewan bawah laut di Marine Life Park ini, mulai dari hewan yang kecil, sampai hewan yang besar, mirip seperti yang sobat backpackeran temukan di Sea World. Mau masuk ke sini? Sobat backpackeran harus siapkan uang sebesar Rp 290 ribu untuk membeli tiket masuknya.

Singapura bisa jadi pilihan bagi sobat backpackeran yang bosan dengan suasana wisata di Indonesia. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Indonesia, membuat Singapura jadi pilihan turis asal Indonesia, mungkin termasuk pula sobat backpackeran. Jadi, kapan kita backpacker ke Singapura?