Backpacker ke Thailand
Posted By supermin
Tags:
Begini Tips Backpacker ke Thailand dengan Harga Murah dan Tanpa Ribet

Semua traveler, terutama backpacker, pasti setuju, jika ingin bepergian ke luar negeri, maka yang harus disinggahi lebih dulu adalah negara-negara di Asia Tenggara. Hal itu dikarenakan dari segi biaya, berkunjung ke negara-negara Asia Tenggara nggak memerlukan biaya yang mahal. Sobat backpackeran juga bisa lho backpacker ke Thailand dengan harga yang murah dan tanpa ribet.

Memang setiap orang memiliki perbedaan soal biaya liburan ke Thailand. Namun yang pasti, Thailand adalah negara termurah di Asia Tenggara yang bisa dikunjungi dengan cara backpacker. Beberapa orang mengaku hanya butuh biaya sebesar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta untuk bisa backpacker ke Thailand selama 6 hari. Biaya tersebut jelas termasuk murah.

✓ Tips Backpacker ke Thailand

Nah, jika sobat backpackeran kebetulan ingin liburan ke Thailand, sebaiknya simak tips dan persiapannya berikut ini.

1. Cek masa berlaku paspor milik sobat backpackeran

Passport ke Thailand

Yang satu ini memang tergolong penting, apalagi buat yang sobat backpackeran yang jarang bepergian ke luar negeri. Karena jarang digunakan, bisa jadi saat akan digunakan justru masa berlaku paspor milik backpackeran sudah mau habis, atau bahkan malah sudah lewat masa berlakunya. Beda soal jika sobat backpackeran baru pertama kali ke luar negeri, dalam hal ini backpacker ke Thailand, maka paspornya pasti masih bisa digunakan karena baru dibuat. Backpackeran nggak perlu khawatir soal visa, karena Thailand memiliki kebijakan bebas visa bagi turis Indonesia yang berkunjung ke sana.

2. Membuat rencana perjalanan

Nggak cuma ke Thailand saja, jika ingin bepergian ke luar negeri backpackeran wajib membuat rencana perjalanan atau itinerary. Di dalam itinerary ke Thailand ini, backpackeran bisa tentukan tempat mana saja yang akan backpackeran kunjungi, dan juga tentukan mau menginap di mana. Maksudnya adalah agar backpacker ke Thailand bisa jadi lebih efektif, dan bisa mengunjungi semua tempat-tempat seru di sana. Selain itu sobat backpackeran juga bisa mengestimasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa liburan ke Thailand.

3. Beli tiket pesawat jauh-jauh hari

Jika rencana sudah selesai, sebaiknya langsung berburu tiket-tiket promo, agar bisa dapat harga lebih murah. Biasanya, beberapa maskapai sering memberikan promo tiket murah untuk ke Thailand. Dalam setahun, maskapai tersebut bisa beberapa kali memberikan promo menarik. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh sobat backpackeran untuk bisa backpacker ke Thailand. Jika beruntung, sobat backpackeran bisa dapat tiket pesawat di bawah Rp 1 juta lho. Setelah dapat tiket pesawat, sobat backpackeran lalu tentukan mau tiba di bandara mana. sobat backpackeran bisa pilih Bandar Udara Suvarnabhumi atau Bandar Udara Don Mueang yang ada di Bangkok, karena hanya dua bandara itu yang melayani penerbangan internasional.

4. Berlibur saat low season

Pantai Thailand Sepi

Sepertinya hal ini sudah jadi rahasia umum. Bepergian pada saat high season atau bahkan peak season seperti saat Natal atau Tahun Baru membuat harga tiket pesawat jadi melambung lebih tinggi. Karena itu, untuk menghemat biaya tiket, lebih baik ke Thailand saat low season, yaitu sekitar bulan Maret sampai dengan September. Nggak cuma tiket pesawat, saat low season, penginapan di Thailand juga jadi lebih murah.

5. Bawa barang secukupnya

Saat backpacker ke Thailand, sobat backpackeran nggak perlu membawa banyak barang, cukup bawa seperlunya saja. Selain mudah dibawa, sobat backpackeran juga bisa mengantisipasi kelebihan bagasi saat naik pesawat. Sobat backpackeran cukup membawa baju santai atau bahkan bisa membawa baju sehari-hari yang bisa dikenakan di Indonesia, karena iklim di Thailand nggak jauh berbeda dengan iklim di Indonesia.

✓ Daftar Wisata Gratis di Thailand

Jika mau menekan lagi biaya backpacker ke Thailand, maka saat berada di Thailand, sobat backpackeran bisa berkunjung ke lokasi wisata gratis Thailand. Beberapa lokasi wisata gratis yang bisa sobat backpackeran kunjung adalah sebagai berikut.

1. Wat Hua Krabue

Wat Hua Krabue Thailand

Backpacker ke Thailand mungkin belum lengkap jika belum ke sini. Thailand memang dikenal memiliki banyak kuil atau wat, namun kuil yang satu ini bisa dibilang yang paling unik. Wat Hua Krabue dalam bahasa Indonesia berarti Kuil Kepala Kerbau. Sesuai namanya, di sini sobat backpackeran bakal menelusuri terowongan yang terbuat dari tengkorak kerbau. Sejak tahun 1987, populasi kerbau di Thailand dikatakan terus menurun. Hal itulah yang melatarbelakangi pembangunan kuil ini. Jika penasaran, sobat backpackeran bisa mengunjungi kuil ini. Tenang saja, dating ke kuil ini nggak dipungut biaya kok, alias gratis!

2. Bangkok Art & Culture Center (BACC)

Bangkok Art & Culture Thailand

Bangunan ini merupakan pusat kesenian yang memamerkan beberapa karya seni modern. Gampangnya, sobat backpacker bisa melihat bangunan ini sebagai museum seni. Bangunan ini terbilang unik, karena berbentuk bulat seperti mal. Kerennya lagi, pusat kesenian ini ramah bagi orang difabel. Masuknya pun gratis, alias nggak perlu uang masuk. Cocok buat para backpacker ke Thailand yang juga pecinta seni.

3. Museum of Counterfeit Goods

Museum of Counterfeit Goods Thailand

Mau lihat barang-barang KW super buatan Thailand? Langsung saja datang ke museum ini. Selain Tiongkok, negara Thailand memang dikenal sebagai negara produsen barang-barang KW super. Di museum ini, sobat backpacker bisa lihat perbandingan barang aslinya dengan barang KW. Jika dilihat sekilas, memang nggak ada perbedaan berarti antara barang asli dengan barang KW-nya. Meski untuk masuk ke sini gratis, namun disarankan untuk melakukan reservasi sehari sebelumnya agar lebih nyaman.

4. Suan Rot Fai

Suan Rot Fai Thailand

Bosan dengan pemandangan perkotaan, sobat backpackeran bisa berkunjung ke Suan Rot Fai saat backpacker ke Thailand. Di sini, sobat backpackeran bisa melihat taman hijau yang sejuk dan menyegarkan. Cocok buat sobat backpackeran yang suka bersepeda, karena di taman ini memang disediakan jalanan untuk bersepeda. Sobat backpackeran juga bisa piknik bersama keluarga tercinta di taman ini. Daya tarik lainnya dari taman ini adalah sobat backpackeran bisa melihat ribuan jenis kupu-kupu indah berwarna-warni yang terdapat dalam Bangkok Butterfly Garden & Insectariu.

5. Khao San Road

Khao San Road Thailand

Bisa dibilang Khao San Road adalah Malioboro-nya Thailand. Sobat backpackeran bakal menemukan bar, hostel, toko kelontong, serta penjaja street food di sepanjang jalan ini. Di sini juga sobat backpackeran bisa mencicipi makanan Thailand, tentunya dengan harga yang murah meriah. Rugi jika sudah backpacker ke Thailand tapi belum mengunjungi jalanan ini.

6. Chatuchak Weekend Market

Chatuchak Weekend Market Thailand

Mau merasakan bagaimana suasana pasar di Thailand? Datang saja ke Chatuchak Weekend Market ini. Sesuai namanya, pasar ini hanya buka pada saat weekend, dan pasti ramai. Dengan adanya ribuan lapak, di sini sobat backpackeran bisa mencari apa yang sibat backpackeran butuhkan, mulai dari pakaian, barang antik, hewan peliharaan, sampai makanan dan minuman. Karena berupa pasar tradisional, jelas di sini nggak ada AC, jadi jika ingin datang ke sini sebaiknya pakai baju yang nggak bikin gerah.

Nah, semoga dengan tips-tips di atas, sobat backpackeran bisa lebih siap dan lebih menikmati liburannya backpacker ke Thailand. Selamat berlibur!

Leave a comment