Toko Dagadu Jogja
Posted By supermin
Tags:
Di Sini Lho Spot Asyik Beli Oleh-oleh Khas Jogja

Bila ditanya kota mana yang asyik untuk jalan-jalan sekaligus beli oleh-oleh, maka mungkin sebagian besar sobat backpackeran akan menjawab Yogyakarta alias Jogja. Selain unik, oleh-oleh khas Jogja juga bermacam-macam, mulai dari barang antik, sampai dengan makanan khas Jogja yang mungkin bisa dibilang melegenda, yaitu bakpia. Setiap pusat oleh-oleh di Jogja itu menawarkan keunikannya masing-masing.

Bicara tentang oleh-oleh, mungkin terpikirkan beberapa spot seperti Malioboro, atau Pasar Beringharjo. Alasannya kurang lebih adalah harganya yang murah, seperti yang sudah saya bahas di artikel backpacker ke Jogja ini.

✓ Tempat Oleh-Oleh Khas Jogja

Memang, Malioboro atau Pasar Beringharjo merupakan tempat yang legendaris dan mainstream untuk beli oleh-oleh khas Jogja. Namun, jika sobat backpackeran ingin membeli oleh-oleh di tempat yang anti mainstream, bisa mencoba beberapa spot berikut ini.

1. Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan Jogja

Sesuai namanya, pasar yang berada di Jalan Parangtritis, Sewon, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menawarkan berbagai macam barang bernilai seni tinggi. Jika sobat backpackeran ingin membeli oleh-oleh khas Jogja sekaligus memajukan seniman lokal, maka di sinilah tempat yang tepat. Sobat backpackeran bisa menemukan berbagai kerajinan, mulai dari topeng, hingga pajangan untuk memperindah kamar sobat. Kerennya, pasar ini nggak cuma menawarkan barang-barang kerajinan saja, namun ada juga beberapa festival, yang di dalamnya terdapat kuliner yang wajib sobat backpackeran cicipi, yaitu sate klatak. Ada juga jajanan lain seperti tiwul yang sayang untuk dilewatkan.

2. Pasar Klithikan

Pasar Klithikan Jogja

Jika di Pasar Seni Gabusan bisa membeli oleh-oleh khas Jogja berupa kerajinan, maka di Pasar Klithikan sobat backpackeran bisa membeli barang-barang antik alias vintage. Selain barang-barangnya unik, harga yang ditawarkan juga termasuk miring. Barang-barang vintage yang bisa sobat backpackeran dapatkan di pasar ini antara lain adalah radio jadul, telepon jadul, pajangan antik, sampai dengan novel stensilan, yang kini memang sudah mulai sulit didapat. Buat sobat backpackeran yang merupakan kolektor barang antik, maka wajib datang ke pasar ini. Pasar ini berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 34, Kuncen, Kasihan, Pakuncen, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet Jogja

Bila membeli oleh-oleh berupa kain batik sudah dirasa terlalu mainstream bagi sobat backpackeran, maka sekali-sekali bisa membeli oleh-oleh khas Jogja berupa batik kayu. Karena memakai media kayu, bukan kain seperti batik pada umumnya, yang membutuhkan lebih banyak ketelitian dan kejelian, maka jelas batik kayu ini memiliki nilai seni yang tinggi. Barang-barang batik kayu yang bisa sobat backpackeran beli di sini antara lain adalah topeng bermotif batik, sampai dengan piring atau mangkok dari kayu yang bermotif batik. Ingin punya batik kayu untuk pajangan rumah sobat backpackeran? Sobat bisa langsung datang ke Desa Wisata Krebet yang berada di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

4. Dagadu

Toko Dagadu Jogja

Mencari souvenir khas Jogja? Maka spot yang harus dikunjungi oleh sobat backpackeran adalah Dagadu. Dagadu bisa dibilang adalah Joger-nya Jogja. Tempat ini juga bisa dibilang spot wajib bagi traveler yang berkunjung ke Jogja. Produk khas Dagadu seperti mug, gantungan kunci, sandal, sampai T-shirt, bisa sobat backpackeran dapatkan di sini. Outlet produk Dagadu ini ada 3, yaitu di Gedong Kuning, Gondomanan dan di Mall Malioboro. Terserah sobat backpackeran mau mengunjungi yang mana, karena ketiganya menawarkan produk yang sama.

5. Sentra Produksi Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25

Bicara tentang Jogja pasti nggak jauh dari makanan khas Jogja, yaitu bakpia. Untuk beli bakpia, tempat yang bisa dituju adalah Bakpia Pathok 25. Bakpia Pathok 25 memang memiliki cabang di mana-mana, namun biar lebih afdol, sobat backpackeran bisa langsung datang ke sentra atau pusat produksinya.Sentra produksi Bakpia Pathok 25 ini berada di Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nggak cuma membeli, sobat backpackeran juga bisa melihat bagaimana bakpia ini diproduksi. Selain bakpia, sobat juga bisa membeli makanan lain seperti Yangko, geplak dan makanan lainnya.

Jadi, pusat oleh-oleh khas Jogja mana yang bakal sobat backpackeran kunjungi nanti?