Pantai Tiga Warna
Posted By supermin
Tags:
Pantai Tiga Warna, Surga Tersembunyi di Timur Jawa

Malang menjadi salah satu kota yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya warga lokal saja, turis asing pun banyak yang singgah ke kota tersebut. Belakangan ini, ada salah satu tempat wisata yang cukup viral di jejaring media sosial. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, warna airnya sangat unik. Ya, pantai 3 warna menjadi destinasi wajib bagi Sobat Backpackeran yang suka jalan-jalan sembari menyalurkan hobi fotografi.

Saking penasarannya, akhirnya kami yang awalnya berekreasi ke pantai Sendang Biru menyempatkan waktu sebentar untuk berkunjung ke pantai 3 warna. Tidak disangka, pengunjungnya sangat ramai dan kondisinya sangat bersih serta asri. Tak ada satupun sampah yang ada disana karena warga sekitar sangat menjaga keindahan pantai ini. Lantas apakah warnanya benar-benar tiga atau hanya ilusi saja?. Kami melihat secara langsung, dan pantai ini memiliki tiga warna sesuai dengan namanya.

Tiga warna tersebut adalah merah, hijau, dan biru. Variasi warna terjadi karena perbedaan kedalaman dan pembiasan cahaya. Sobat Backpackeran bisa langsung buktikan sendiri saat berkunjung kesana. Meski pantai 3 warna dibuka untuk umum, namun pengelola pantai ini yaitu warga yang tergabung dalam kelompok Bhakti Alam, hanya membatasi 100 pengunjung saja. Jika sudah penuh, maka wisatawan tidak boleh masuk. Memang sedikit aneh, namun ini semua dilakukan untuk menjaga keindahan pantai agar tidak rusak atau kotor karena sampah.

Selain jalan-jalan menyusuri pinggiran pantai, juga bisa mencoba beberapa aktivitas seru yang ada di pantai 3 warna malang. Snorekeling disini sangat asyik, karena pemandangan lautnya masih alami. Kami bisa melihat dengan jelas batuan karang dan ikan warna-warni yang menghiasi dasar laut. Perlengkapannya sudah tersedia, tinggal membayar tarif sewa 15 ribu perorang. Sayangnya kami tidak bisa menghabiskan banyak waktu di lokasi ini. Karena termasuk dalam lahan konservasi, jadi tidak diperbolehkan mendirikan camping di sekitar pantai untuk bermalam.

Akses dan Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Pantai 3 warna berlokasi di Jalan Sendang Biru, Tambak Rejo, Malang. Untuk menuju kesana, kami memilih menyewa kendaraan roda empat. Jaraknya dari pusat kota lumayan memakan waktu terutama karena ramai dan macet. Dari pusat kota, pilih rute menuju gadang turen. Setelah itu akan ada persimpangan, pilih yang menuju ke pantai goa cina. Kurang lebih dua kilometer selanjutnya, ada persimpangan lagi, pilih ke rute pelelangan ikan dan lurus terus sampai ke konservasi mangruve. Sampai disitu, kami harus memarkir kendaraan dan berjalan kaki untuk menuju ke pantai tersebut. Jalannya lumayan sempit, jadi akan lebih nyaman jika menggunakan roda dua agar tidak perlu berjalan terlalu jauh.

Wisata ke pantai ini akan lebih seru jika bersama dengan teman atau keluarga. Karena kunjungannya dibatasi, sebaiknya lakukan pemesanan sedari jauh hari agar tidak kecewa nantinya. Kami cukup beruntung karena berkunjung di hari biasa dan kuotanya masih mencukupi. Harga tiket pantai 3 warna sangat murah, hanya 6 ribu saja perorang belum termasuk jasa tour guide yang dipatok kurang lebih 100 ribu. Jika Sobat Backpackeran ingin berkunjung kesana ramai-ramai, setiap grup dibatasi 10 orang dengan tarif wisata 300 ribu sudah termasuk tiket masuk, tour guide, dan lahan sewa tenda. Untuk reservasi, bisa kontak ke 0812-3333-9889.

Tips Berwisata ke Pantai Tiga Warna

Tips ke Pantai Tiga Warna

Bagi Sobat Backpackeran yang ingin mengunjungi pantai 3 warna, sebaiknya persiapkan peralatan dengan lengkap serta lakukan pemesanan dulu. Dari pengalaman yang kami alami, pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat indah bahkan privasinya sangat terjaga karena jumlah pengunjungnya yang dibatasi. Namun ada beberapa catatan yang ingin kami bagikan, diantaranya adalah:

  1. Datanglah saat kondisi laut normal, tidak pasang ataupun surut karena akan membuat lokasi snorekeling menjadi sempit. Sangat sayang bukan jika tidak bisa menikmati keindahan lautnya secara keseluruhan.
  2. Pakailah sandal gunung sebab jalan menuju pantai 3 warna ini cukup terjal dan berbatu terutama saat musim penghujan tiba akan bertambah licin jalannya.
  3. Bawalah kamera anti air untuk mengabadikan keindahan pemandangan disana. Dengan membawa peralatan tersebut, Sobat Backpackeran bisa mengabadikan setiap momen lebih bebas tanpa kuatir kamera akan rusak karena terkena cipratan air laut.
  4. Datanglah di pagi hari dan usahakan sampai di pantai sebelum jam 12 siang. Pantai 3 warna hanya dibuka sampai pukul 18.00 WIB. Jadi sangat sayang jika tidak bisa menyusuri pantai secara keseluruhan karena keterbatasan waktu.
  5. Persiapkan fisik agar selalu fit karena perjalanan menuju pantai ini cukup menantang. Selain itu dibutuhkan kondisi badan yang prima jika ingin melakukan snorkeling untuk melihat pemandangan indah bawah laut.

Secara keseluruhan, berwisata ke pantai 3 warna sangat menyenangkan dan patut direkomendasikan bagi Sobat Backpackeran yang sedang ada di Malang. Meski banyak aturan yang harus dipatuhi, namun tidak mengurangi kepuasan kami dalam menikmati keelokan pantai terutama kecantikan pemandangan bawah laut yang masih alami dan terawat.