tips wisata ke ranca upas
Posted By supermin
Tags:
Ranca Upas, Sensasi Camping di Alam Terbuka

Bandung menjadi salah destinasi wisata terfavorit di Jawa Barat. Tidak hanya terkenal akan pusat perbelanjaannya yang murah meriah, kota ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Jika Sobat Backpackeran ingin mencoba petualangan seru di Kota Bandung, mampir saja ke Ranca Upas. Selain menyuguhkan pesona hutan lindung yang hijau nan sejuk, disediakan juga tempat camping yang sangat luas yang dapat digunakan untuk bermalam sembari mendirikan tenda.

Ranca Upas memiliki daya tarik yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Sobat Backpackeran bisa bertemu langsung dengan rusa yang sudah jinak, memberi makan, dan memegang bulunya yang halus. Pastinya akan memberikan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Menikmati sejuknya udara tak kan lengkap rasanya jika tidak berendam di kolam air hangat. Di tempat tersebut juga disediakan kolam renang terbuka yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat indah.

Tidak dipungkiri bahwa perkemahan Ranca Upas lah yang menjadi primadona tempat wisata tersebut. Banyak pengunjung yang datang berbondong-bondong karena ingin menikmati sensasi bermalam di lapangan terbuka ditemani kemerlip bintang yang indah. Selain itu, ada banyak wahana seru yang sayang dilewatkan seperti ATV, waterboom, sepeda gunung, fun game, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berlibur kesini akan lebih mengasyikkan jika Sobat Backpackeran mengajak teman dan keluarga. Selain suasananya semakin rame, juga lebih menghemat dana terutama saat menyewa dan membeli perlengkapan camping.

✓ Akses dan Tiket Masuk Ke Ranca Upas Bandung

jalan ke ranca upas

Sobat Backpackeran yang ingin berwisata ke Ranca Upas tidak perlu bingung mencari lokasinya, karena sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Destinasi wisata ini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan KM 11, Alam Endah. Rute utama yang dilalui adalah jalur lintas Bandung Selatan yang menuju ke Soreang. Dari tempat tersebut perjalanan dilanjutkan ke Ciiwidey yang terkenal akan pemandangan alamnya yang mempesona. Sesampainya di Ciwidey, butuh kurang lebih 10 menit perjalanan untuk sampai ke Ranca Upas. Kondisi jalan sangat mulus dan tidak macet sama sekali.

Berlibur ke sini tidak membutuhkan budget yang besar, semua sangat terjangkau terlebih jika Sobat Backpackeran mengajak serta banyak orang, akan lebih sedikit dana yang dibutuhkan. Tiket Ranca Upas cukup terjangkau, yaitu 15 ribu saja per orang. Jika menggunakan kendaraan pribadi dikenakan tarif parkir 2 ribu untuk roda dua dan 5 ribu untuk roda empat. Lokasi ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun jika ingin mendirikan camping, sebaiknya datang di pagi hari saat kondisi udaranya masih sejuk dan jalan tidak terlalu ramai. Jalan menuju ke lokasi wisata tersebut sangat minim pencahayaan, jadi sebaiknya hindari berangkat saat sore hari.

Jika sudah puas menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan disana, kenapa tidak mencoba beberapa wahana permainan seru yang disediakan?. Tarif sewa yang ditawarkan cukup murah. Jika ingin bermain Flying Fox, hanya membayar 15 ribu saja. Tidak hanya itu, Sobat Backpackeran juga bisa menyewa sepeda dengan tarif 10 ribu/jam. Rekreasi bersama keluarga akan bertambah seru dengan mencoba wahana fun game yang dipatok dengan harga 75 ribu saja. Ranca Upas merupakan wisata alam terpadu dengan fasilitas lengkap dan sistem perlindungan penuh terhadap flora dan fauna yang ada disana. Karena itu, wisatawan diimbau agar tetap menjaga kebersihan supaya tidak mencemari lingkungan.

✓ Tips Berlibur Ke Ranca Upas Bandung

Perlengkapan apa saja yang perlu Sobat Backpackeran siapkan sebelum berwisata ke Ranca Upas?. Tentukan dulu tujuan berekreasi kesana, apakah sekedar menikmati pemandangan dan mencari spot foto yang instagramable atau mau bermalam sambil mendirikan tenda. Jika ingin menggelar camping  di lokasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya adalah:

> Tenda dan perlengkapan camping

tenda di ranca upas

Jika memiliki tenda di rumah, sebaiknya bawa saja saat berwisata ke Ranca Upas agar menghemat budget. Sebelum mendirikan tenda, harus booking tempat dulu dengan tarif 500 ribu untuk satu grup. Apabila tidak memiliki tenda, bisa sewa disana dan harganya juga tidak terlalu mahal. Untuk tenda ukuran kecil, maksimal 3 orang, hanya dipatok dengan tarif 150 ribu saja. Perlengkapan lain yang perlu dipersiapkan adalah matras, lampu senter, sleeping bag, kayu bakar, dan lain-lain.

> Pakaian hangat

Suhu udara di tempat tersebut sangat dingin, jadi sebaiknya bawa pakaian hangat sebanyak-banyaknya. Pakai baju yang tebal dan jacket untuk melindungi diri dari udara malam yang cukup menusuk.

> Bekal makanan

Memang banyak warung makan yang ditemukan disana, namun akan lebih berkesan jika membawa dan memasak sendiri saat camping. Jadi siapkan juga perlengkapan untuk memasak, yang simple saja. Sebagai pengganti kompor, bisa memakai kayu bakar yang bisa dibeli langsung dilokasi wisata tersebut.

Kendala yang akan ditemui oleh Sobat Backpackeran saat berkunjung ke sini adalah minimya ATM, jadi pastikan membawa uang dalam jumlah yang cukup agar bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan saat camping dan membeli oleh-oleh. Jenis buah tangan yang banyak dijual di Ranca Upas adalah aneka olahan Strawberry seperti dodol strawberry yang dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja perkemasan. Selain perlengkapan untuk camping, yang juga perlu dipersiapkan adalah kondisi fisik. Jangan sampai liburan menjadi terganggu karena kondisi badan yang tidak fit. Tetap jaga kesehatan agar jalan-jalan menjadi semakin seru dan menyenangkan.