Rawon Setan Mbak Endang
Posted By supermin
Tags:
Mau Wisata Kuliner Surabaya, Pastikan Kamu Kesini!

Selain wisata sejarah, sobat backpackeran juga bisa wisata kuliner di Surabaya. Ada banyak pilihan kuliner Surabaya yang harus sobat backpackeran coba ketika berkunjung ke Surabaya. Pastinya, sobat backpackeran akan puas jika makan di Surabaya.

✓ Rekomendasi Wisata Kuliner di Surabaya

Lalu, di mana saja tempat makan di Surabaya yang cocok buat sobat backpackeran pecinta kuliner? Berikut ini beberapa rekomendasi tempatnya.

1. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Memang, menu nasi goreng nggak hanya terdapat di Surabaya saja, namun juga di kota-kota lain. Namun, nasi goreng buatan Nasi Goreng Jancuk akan sayang jika dilewatkan begitu saja, apalagi jika sobat backpackeran ingin mencicipi kuliner Surabaya. Nasi Goreng Jancuk ini lebih unggul dalam hal porsinya dan juga rasanya yang lebih enak. Porsinya nggak main-main, bisa untuk 4 atau 5 orang. Karena itu, jika sobat ingin makan di Nasi Goreng Jancuk, sebaiknya pergi dengan teman sobat, sebanyak 4 atau 5 orang. Satu porsinya dihargai sekitar Rp 150 ribu, jadi jika sobat pergi berlima, bisa patungan Rp 30 ribu per orang. Di mana lagi bisa makan enak, kenyang, dan terjangkau? Jika penasaran dengan nasi goreng ini, bisa langsung ke Nasi Goreng Jancuk di Royal Plaza.

2. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi

Surabaya meskipun tanpa polusi, tergolong sebagai kota yang panas, dan mirip seperti Jakarta. Untuk bisa membuat badan jadi adem selain berada di ruangan ber-AC, sobat backpackeran butuh mengkonsumsi kuliner yang dingin, yaitu es krim. Es krim di Surabaya yang bisa sobat backpackeran coba adalah Es Krim Zangrandi yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso no. 15. Untuk bisa membeli es krim di sini, sobat backpackeran cuma butuh mengeluarkan uang sebesar Rp 24 ribu. Cuaca boleh panas, tapi badan dan hati sobat backpackeran jangan sampai panas juga.

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Lamongan Cak Har merupakan salah satu kuliner Surabaya yang terkenal. Karena letaknya yang berada di dekat kampus ITS, maka jelas tempat makan di Surabaya ini jadi favorit di kalangan mahasiswa, meskipun banyak juga kalangan lain selain mahasiswa yang juga makan di sini. Selain enak, seporsi soto ayam di sini juga sangat terjangkau, yaitu Rp 20 ribu. Pantas saja banyak mahasiswa yang makan di sini. Sobat backpackeran bisa request juga untuk makanan yang sobat pesan, misalnya sobat mau pesan ayamnya tanpa kulit, bisa-bisa saja. Soto Atam Lamongan Cak Har berada di Jalan dr. Ir. H. Sokearno (Merr) Surabaya.

4. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut

Jika sobat backpackeran mau kuliner khas Surabaya, maka bisa mencicipi lontong balap. Lontong balap adalah makanan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, bawang goreng, dan dipadu dengan kuah. Salah satu tempat makan lontong balap yang enak ada di Lontong Balap Garuda Pak Gendut, yang berlokasi di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Hanya dengan harga Rp 12 ribu per porsinya, sobat backpackeran sudah bisa mendapatkan salah satu makanan enak di Surabaya. Selain murah, rasanya juga tetap terjaga meski tempat makan ini sudah berdiri selama 40 tahun lebih. Nggak heran banyak pengunjung yang datang ke sini.

5. Rawon Setan Mbak Endang

Rawon Setan Mbak Endang

Sebenarnya Rawon Setan banyak tersedia di mana-mana, bahkan di luar kota Surabaya. Namun, nggak ada rawon setan yang seenak di Rawon Setan Mbak Endang. Sesuai namanya, tingkat kepedasan rawon ini nggak main-main. Jika sobat backpackeran doyan makanan pedas, wajib untuk mencicipi kuliner Surabaya yang satu ini. Seporsi rawon setan di sini dihargai sekitar Rp 25 ribu. Enaknya lagi, nggak cuma daging saja, sobat backpackeran juga bisa menambah lauk lain seperti telur asin, perkedel kentang, , tempe, atau empal. Sekadar info, Rawon Setan Mbak Endang yang beralamat di Jalan Embong Malang, Surabaya ini adalah tempat makan rawon setan yang pertama ada di Indonesia.

6. Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Sobat backpackeran kelaparan saat tengah malam? Tenang, karena tersedia kuliner malam di Surabaya, yaitu Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye di Jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Menunya cukup sederhana, yaitu iwak pe alias ikan pari plus nasi dan sambal, namun rasanya juara. Selain ikan pari, tersedia pula lauk lainnya. Kuliner Surabaya yang satu ini mulai buka jam 10 malam hingga jam 4 pagi. Untuk harganya sangat murah, yaitu hanya Rp 10 ribu per porsi.

Buat sobat backpackeran yang mau wisata kuliner di Surabaya, maka tempat-tempat di atas bisa dijadikan pilihan. Dan pastikan kalau kamu jalan-jalan ke kota surabaya, ke beberapa wisata kuliner surabaya diatas yah, semoga bermanfaat.